Image

INSPIRASI BISNIS: Berkah Hari Kartini, Perias dan Salon Kebanjiran Order

Didit Junaidi, Jurnalis · Sabtu 22 April 2017, 08:15 WIB
https img z okeinfo net content 2017 04 21 320 1673689 inspirasi bisnis berkah hari kartini perias dan salon kebanjiran order 3GMmPJG6Bv jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

BEKASI - Peringatan Hari Kartini yang digelar setiap tanggal 21 April ternyata membawa berkah tersendiri bagi sejumlah perias dan salon di kabupaten Bekasi, Jawa Barat. order penyewaan pakaian adat serta permintaan jasa rias melonjak tajam.

Bahkan, para pemilik salon hari ini terpaksa harus menambah jumlah perias lantaran banyaknya permintaan. Menyambut peringatan Hari Kartini yang serentak digelar setiap tanggal 21 April membawa berkah bagi kalangan jasa rias dan salon di desa Setia Mekar, Tambun Selatan, Bekasi.

Pesanan jasa rias dan pakaian adat melonjak tajam pada peringatan Hari Kartini dan banyaknya permintaan terhadap jasa rias juga memaksa menambah jumlah personil tambahan untuk melayani konsumen yang didominasi oleh kalangan anak-anak tersebut.

Berbagai macam pakaian adat dari berbagai daerah di nusantara tersedia mulai dari Jawa, Sunda, Batak, Maluku, Padang dan beberapa pakaian adat lainnya. Sementara harga sewa yang ditawarkan bervariatif mulai dari Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Namun rata-rata permintaan di Bekasi, umumnya menggunakan pakaian adat Jawa dan Sunda.

Sejumlah anak-anak sejak pagi-pagi buta sudah mendatangi tempat rias salon. Mereka datang sejak pukul lima pagi dan banyaknya permintaan sejumlah anak-anak terpaksa harus mengantre untuk dirias. Sementara itu menurut pemilik salon, tahun ini permintaan terhadap pakaian adat dan jasa rias naik 70% dari tahun sebelumnya.

Sementara orang tua siswa mengaku biaya yang dikeluarkan untuk merias anak mereka tak mempermasalahkan. Para orang tua mengaku pakaian adat yang digunakan sebagai bentuk edukasi dini terhadap keanekaragaman budaya Indonesia/orang tua juga berharap kegiatan hari kartini bisa membuat anak-anak lebih memotivasi terhadap cinta budaya Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini