Image

Kementrian ESDM Siapkan Aplikasi Magma untuk Deteksi Bencana

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 19:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 21 320 1673772 kementrian-esdm-siapkan-aplikasi-magma-untuk-deteksi-bencana-nticKqmkv6.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Kondisi alam yang tak visa diprediksi membuat Pemerintah melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan program Magma. Nantinya program Magma ini berbentuk aplikasi yang berisikan informasi bencana yang ada di Indonesia.

Menurut Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Indonesia sebagai negara yang hampir semua bencana ada, menjadi sangat penting memiliki aplikasi yang dapat mendeteksi mengenai bencana. Sehingga ketika terjadi bencana, masyarakat setempat bisa menyiapkan diri agar meminimalisir korban-korban yang berjatuhan.

"Kita di Indonesia ini hampir semua bencana ada, kecuali yang nggak ada itu topan beliung saja. Tapi selain itu ada, mau gunung berapi, tsunami, tanah longsor, itu ada semua. Bagaimana program ini bermanfaat agar korban akibat tidak adanya informasi yang akurat bisa kita kurangi," ujarnya di Kantor  Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Arcandra menjelaskan dengan aplikasi ini nantinya Kementrian ESDM sudah dengan cepat memberikan peringatan awal bahwa akan ada potensi terjadi bencana di daerah tersebut. Ini justru jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan halnya jaman dahulu.

"Menteri kirim surat ke gubernur, itu dari surat ke gubernur, gubernur mengambil action, itu kan jauh. Sementara jangan-jangan besok bencananya muncul," jelas Arcandra.

"Bandingkan dengan sistem online, kalau ada potensi itu kita sebar informasi lewat website, apps di android. Jadi gubernur, bupati bisa siap siaga memindahkan masyarakatnya kalau ada indikasi terjadi bencana," imbuhnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini