Image

TRIK HEMAT: Cara Berhemat di Bulan Puasa

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Sabtu 22 April 2017, 06:18 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 21 320 1673812 trik hemat cara berhemat di bulan puasa qm9ReP4sqS jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Bulan Puasa dan Lebaran akan segera tiba, yakni akhir bulan Mei 2017 mendatang. Banyak masyarakat yang menjalankan ibadah puasa sudah membuat rencana yang akan dilakukan saat bulan puasa nanti, salah satunya buka bersama keluarga, kerabat maupun teman-teman kantor.

Hal ini membuat di bulan puasa orang cenderung lebih boros yang disebabkan oleh perut yang menahan lapar seharian. Sehingga saat ketika akan membeli makanan untuk berbuka puasa masyarakat cenderung jadi kalap dan balas dendam. Karena ini, orang biasanya berbelanja atau mengonsumsi makanan lebih banyak dari yang biasanya.

Perencana Keuangan Andoko mengatakan, harga makanan saat bulan puasa pun menjadi lebih tinggi sehingga pengeluaran juga semakin besar. Selain itu, buka puasa bersama yang paling tidak pernah ketinggalan akan membuat pengeluaran menjadi lebih tinggi.

"Pertama, adanya kenaikan harga barang di bulan puasa secara umum. Termasuk makanan, minuman dan harga bahan pokok. Kedua, bulan puasa dijadikan media untuk silaturahmi sehingga sering kali bulan puasa menjadi reuni teman lama atau teman kerja dengan intensitas tinggi. Ketiga, karena intensitas yang sering dalam seminggu bisa dua atau tiga kali sehingga buka puasa di luar jadi lebih banyak dan menguras kocek kita," ungkapnya kepada Okezone.

Untuk menghindari hal ini, maka Andoko memberikan tips ampuh yang bisa membuat kita lebih berhemat di bulan puasa. Agar kita lebih bisa menahan nafsu untuk pengeluaran yang tidak diharuskan.

"Tips nya adalah jadikan puasa justru untuk mengendalikan nafsu dan pengeluaran. Prioritaskan tetap kebutuhan dibanding keinginan. Boleh melakukan silaturahmi hanya saja tidak semua harus dilakukan semuanya. Tidak berlebihan dalam buka puasa supaya untuk kesehatan dan kantong kita," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini