Image

Program Penghematan BBM untuk IKM, Archandra: Lebih Hemat 60%

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 21 320 1673851 program-penghematan-bbm-untuk-ikm-archandra-lebih-hemat-60-Rn9lot8JDx.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyiapkan program inovasi yang diluncurkan untuk para pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Program tersebut nantinya menggunakan alat pembuat gas batu bara bersih untuk, agar bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) sebesar 60% dengan program gasifikasi batu bara.

‎Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, program ini juga membantu daerah-daerah yang belum tersambung jaringan gas (jargas) atau daerah di mana industri kecilnya masih menggunakan kayu bakar sebagai sumber energinya.

"‎Dengan adanya gasifikasi batu bara ini, lebih bersih batu baranya, bisa hemat sampai 60%. Untuk industri kecil, hemat 60% itu besar," katanya di Kantor Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Bahkan, Kementerian ESDM berencana menciptakan reaktor gas berbentuk cluster untuk penduduk-penduduk yang belum tersambung jargas. Untuk saat ini, kata mantan Menteri ESDM ini, pihaknya masih melakukan kajian mengenai nilai keekonomian dari alat tersebut.

"Nanti kita kaji keekonomiannya, berapa biaya pembuatan, segi penghematannya," kata Arcandra.

Sebelumnya, Arcandra juga menyiapkan program MAGMA guna mendeteksi tentang bencana yang ada di Indonesia. Ini menyusul Kondisi alam yang tak bisa diprediksi membuat Pemerintah melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan program MAGMA.

Nantinya program MAGMA ini berbentuk aplikasi online yang berisikan informasi bencana yang ada di Indonesia. Dengan aplikasi ini nantinya Kementrian ESDM sudah dengan cepat memberikan peringatan awal bahwa akan ada potensi terjadi bencana di daerah tersebut. Ini justru jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan halnya jaman dahulu.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini