Image

Banyak Peminat, Bikin Pengembang Tertarik DP Nol Rupiah

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 10:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 21 470 1673119 banyak-peminat-bikin-pengembang-tertarik-dp-nol-rupiah-iewpJRkDBi.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Program Down Payment (DP) rumah nol Rupiah memiliki keunggulan yang menjadi daya tarik pengembang. Program andalan pasangan Cagub-Cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno dinilai mempunyai sejumlah keunggulan yang membuat pengembang tertarik.

Salah satu di antaranya, terkait dengan minat masyarakat terhadap penawaran yang diberikan melalui DP nol Rupiah. Dengan begitu pasar properti yang saat ini sedang lesu bisa bangkit.

Sebab, seperti diketahui tingginya DP rumah menjadi ganjalan masyarakat untuk mencicil rumah.

"Program DP 0% (DP nol Rupiah) dari sisi minat masyarakat Jakarta cukup besar. Artinya, pengembang yang terlibat juga terjamin unit yang dibangun akan terjual semua," kata Ekonom Indef Bhima Yudhistira dihubungi Okezone di Jakarta.

Tak hanya itu, segmentasi pasar perumahan yang menggunakan skema DP nol Rupiah pun dikatakan Bhima sudah terpetakan. Oleh karenanya pengembang tak perlu khawatir memasarkan produknya dengan skema tersebut.

"Sasarannya pun jelas masyarakat yang belum memiliki rumah dengan syarat gaji tertentu," lanjutnya.

Banyak yang khawatir program DP nol Rupiah akan macet di tengah jalan. Namun, menurutnya dengan keterlibatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hal itu dapat diatasi.

"Dari profil risiko juga menarik. Meskipun disebut DP 0% (DP nol Rupiah), Pemprov DKI diprediksi akan tetap terlibat dalam pemberian subsidi ke calon pembeli rumah," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini