Image

Arsitek Jepang Rancang Apartemen yang Mampu Optimalkan Cahaya dan Udara

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 22 April 2017, 06:15 WIB
https img okeinfo net content 2017 04 21 470 1673464 arsitek jepang rancang apartemen yang mampu optimalkan cahaya dan udara kaHV06lkZ2 jpg Ilustrasi: curbed

JAKARTA - Pesatnya pertumbuhan populasi manusia di suatu wilayah nampaknya menjadi persoalan yang menyita perhatian, salah satunya persoalan mengenai tempat tinggal. Bertambahnya jumlah manusia di suatu wilayah membuat kepadatan tempat tinggal tak dapat dihindarkan

Saling berdempetnya 1 rumah dengan rumah lainnya membuat cahaya yang masuk ke dalam rumah menjadi tidak optimal. Hal itu dikarenakan cahaya terhalang bangunan lain yang jaraknya terlalu berdekatan. Sehingga butuh upaya khusus untuk memaksimalkan masuknya cahaya ke dalam rumah.

 

Dilansir Curbed, Minggu (23/4/2017), sebuah bangunan apartemen di Jepang dirancang khusus untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami ke dalam rumah. Sehingga pemanfaatan lampu menjadi lebih minimal. Efeknya membuat penggunaan energi menjadi lebih sedikit.

 

Gedung apartemen tujuh unit itu dirancang oleh perusahaan arsitektur lokal Eureka dan Maru. Bangunan asimetris cerdik tersebut dirancang khusus untuk memaksimalkan porositas fisik dan visual.

 

Tak hanya mengoptimalkan pemanfaatan cahaya alami, bangunan tersebut juga didesain untuk dapat memanfaatkan masuknya udara ke dalam rumah secara lebih optimal. Massa gedung dirancang dengan menyajikan rongga terbuka sebagai celah masuknya udara ke dalam ruangan.

 

Apartemen itu juga didesain dengan menampilkan sejumlah ruang terbuka untuk penghuninya. Di sisi-sisi bangunan disediakan beberapa balkon untuk penghuni yang ingin menikmati suasana sekitar tanpa harus turun ke jalan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini