Image

Hari Ini, Jokowi Buka Kongres Ekonomi Umat

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 22 April 2017, 09:06 WIB
https img okeinfo net content 2017 04 22 320 1674064 hari ini jokowi buka kongres ekonomi umat MeFzU19CMG jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan membuka dan meresmikan Kongres Ekonomi Umat tahun 2017. Kegiatan ini akan dilakukan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Berdasarkan agenda, Sabtu (22/4/2017), Jokowi akan menghadiri acara ini sekira pukul 13.00 WIB. Sebelumnya, Presiden akan menghadiri perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Seperti diketahui, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan melakukan Kongres Ekonomi Umat hingga 22 April mendatang. Ketua Bidang Ekonomi MUI Lukmanul Hakim mengatakan, kongres ini terbuka untuk seluruh elemen masyarakat. Adapun salah satu tujuannya adalah untuk mengatasi persoalan ekonomi Indonesia, di antaranya adalah ketimpangan.

"Kita bicara di sini bagaimana seluruh elemen bangsa ini bisa bergerak di dalam menggerakkan ekonomi bangsa melalui optimalisasi sumber daya alam dan juga sumber daya manusianya," tuturnya di Kompleks Istana Negara beberapa waktu lalu.

Kongres ini pun diharapkan dapat berdampak positif pada perekonomian Indonesia. Utamanya adalah kesenjangan yang dapat menjadi bibit kecemburuan sosial di Indonesia.

"Jadi ini memang kongres yang betul-betul kita akan membahas bagaimana perekonomian bangsa ini sebagai mempererat apa namanya kesatuan bangsa ada dalam bingkai Pancasila Undang-Undang Dasar 1945 dan juga kebhinekaan ini yang kita diskusikan tadi dan bapak presiden," ungkapnya.

Sebagai tahap lanjutan dari kongres ini, MUI mengusulkan adanya Komite Nasional Ekonomi Umat. Komite ini nantinya akan bertugas untuk mengawasi tentang regulasi dan networking di antara kelompok pengusaha kecil kelompok pengusaha besar, dan organisasi masyarakat. Namun, pembentukan komite ini baru sebatas usulan.

"Jadi intinya yang pernah jadi pengusaha kita dorong, dan yang belum jadi pengusaha kita dorong jadi pengusaha. Itu sejalan dengan regulasi yang sudah ada di dalam konsep dan konsep tadi sudah sejalan dengan Bapak Presiden," tutupnya. (ded)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini