Image

Kinerja Emiten hingga Pemilu Prancis Dorong IHSG Cetak Rekor

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 26 April 2017, 17:11 WIB
https img k okeinfo net content 2017 04 26 278 1676980 kinerja emiten hingga pemilu prancis dorong ihsg cetak rekor RsiHDmUN9H jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mencatatkan rekor penutupan all time high pada perdagangan hari ini. IHSG ditutup menguat 45 poin atau 0,8% ke level 5.726.

Analis NH Korindo Securities Bima Setiaji mengatakan, laporan kinerja emiten pada kuartal I-2017 menjadi katalis penguatan IHSG. Pasalnya, mayoritas emiten menunjukkan kinerja cemerlang dengan catatan kenaikan laba bersih dan pendapatan.

“IHSG dalam tren bullish dalam jangka menengah, salah satunya karena rilis laporan kinerja emiten di kuartal I-2017. Karena kalau kita lihat memang dari big caps sendiri rilis laporan kinerja keuangannya di kuartal pertama bagus, itu yang menjadi sentimen postif,” terangnya saat dihubungi Okezone, Rabu (26/4/2017).

(Baca Juga: Akhirnya! IHSG Cetak Rekor Penutupan Tertinggi di 5.726)

Sementara itu kemenangan Centrist Emmanuel Macron dalam Pemilu Prancis putaran pertama atas pesaing tunggalnya Marine Le Pen menjadi katalis IHSG dari pasar global. Kemenangan Macron menurut Bima mengurangi kekhawatiran investor atas rencana Prancis keluar dari Uni Eropa.

“Jadi kalau kita lihat Macron sangat pro dengan Eropa, ini menjadi sentiment katalis global, kalau Le Pen ingin Prancis keluar dari Eropa, dengan Macron menang maka kekhawatiran investor mereda,” tambahnya.

Dia juga menilai, Pidato Presiden AS Donald Trump nanti malam yang akan mengumumkan pemangkasan pajak juga sangat ditunggu oleh investor, sehingga menambah sentiment positif.

Kinerja cemerlang IHSG diprediksi akan terus berlanjut hingga akhir bulan hingga awal bulan mendatang. Sejalan dengan rilis laporan kinerja emiten yang masih terus berlangsung. Sedangkan pada bulan Mei IHSG diprediksi berpeluang rebound.

“Mungkin sampai akhir April sampai awal Mei ada kenaikan IHSG, habis itu mungkin dari seperti yang kita lihat dari segi historical, IHSG mulai turun di bulan Mei,” terangnya.

IHSG berakhir dengan 174 saham menguat, 144 saham melemah dan 113 saham stagnan. Sore ini, telah terjadi transaksi sebesar Rp7,5 triliun dari 9,42 miliar lembar saham diperdagangkan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini