Image

Tips Memulai Usaha Kecil yang Sukses dan Menguntungkan

Agregasi Minggu 30 April 2017 23:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 28 320 1679228 tips-memulai-usaha-kecil-yang-sukses-dan-menguntungkan-xCMvQuCjhG.jpg Ilustrasi (foto: Okezone)

SAAT ini banyak orang yang memilih membuka bisnis usaha sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, baik yang sudah memiliki pekerjaan utama ataupun bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan.

Banyak bidang bisnis yang bisa dikerjakan, anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar saat itu ataupun dengan skill dan hobi yang dimiliki. Untuk membuka usaha, sebenarnya tak perlu langsung membuka usaha yang besar dan dengan modal yang besar pula. Anda juga dapat membangun bisnis yang dimulai dari skala kecil.

Usaha dengan skala kecil yang dimaksudkan di sini adalah usaha yang dibangun dengan investasi dana yang nilainya kecil. Tentunya  jumlah dana yang dimaksud di sini setiap orang memiliki ukurannya masing-masing. Namun mungkin banyak orang yang sedikit meragukan, bagaimana bisa membangun bisnis dengan modal yang kecil? Nah berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Mencoba lebih realistis

Saat ingin membangun bisnis, cobalah untuk berpikir lebih realistis. Anda dapat mempelajari dahulu bisnis yang akan dibangun. Jangan hanya membangun bisnis berdasarkan angan-angan semata saja. Anda harus membuat perencanaan yang matang dan logis sehingga bisnis itu bisa berhasil dan lancar.

Jangan mengeksploitasi diri berlebih

Biasanya pada saat awal membangun bisnis, apalagi jika modal yang digunakan relatif kecil, tentunya anda tidak akan merekrut karyawan terlebih dahulu. Sehingga anda tentunya akan mempekerjakan diri sendiri.

Namun meskipun begitu sebaiknya jangan membuat diri sendiri bekerja terlalu keras sehingga melupakan kepentingan lainnya seperti kepentingan pribadi dan kesehatan. Apalagi jika anda sudah memiliki pekerjaan utama, anda harus pintar-pintar membagi waktu sehingga kesehatan tidak akan mengganggu pekerjaan lainnya.

Cari partner

Karena berbisnis merupakan bidang yang cukup berisiko, sebaiknya akan lebih tepat jika mencari partner untuk berbisnis. Terutama bagi anda yang masih awam dalam bidang bisnis tentunya belum terbiasa dengan risiko-risiko bisnis yang ada. Dengan adanya partner, tentunya jika anda mengalami kendala atau kerugian maka kerugian yang ditanggung tidak terlalu besar.

Mengetahui modal awal bisnis

Sebelum memulai bisnis usaha akan lebih baik jika memperlajari terlebih dahulu harga-harga barang kebutuhan di pasaran mulai dari sewa tempat, gaji karyawan, hingga harga peralatan yang dibutuhkan. Dengan mengetahui dasar biaya ini, anda dapat mengetahui dengan jelas biaya-biaya wajib apa saja yang perlu disiapkan setiap waktunya.

Menjual kualitas barang bukan harga

Yang perlu ditekankan bagi yang ingin memulai bisnis adalah harga produk atau jasa yang akan dikeluarkan. Jual barang dan produk anda secara kualitas bukan dengan harganya. Anda bisa saja menawarkan harga yang pas atau rendah agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Namun jangan lupa untuk mengasah skill komunikasi sehingga anda dapat menjelaskan dengan baik dan tepat tentang produk yang ditawarkan.

Merekrut karyawan

Jika merasa kewalahan dalam menjalankan bisnis, rekrut karyawan untuk membantu bisnis anda. Namun tentunya untuk memilih karyawan, anda tidak bisa terburu-buru karena fungsi karyawan di sini akan sangat berpengaruh untuk kelancaran bisnis.

Melayani konsumen dengan baik

Meksipun memiliki produk yang berkualitas namun pelayanan yag diberikan buruk tetap saja anda akan kesusahan dalam mencari konsumen. Untuk itu, usahakan untuk selalu melayani konsumen dengan baik.

Bila menggunakan karyawan, latih karyawan anda agar menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa). Anda juga dapat memberikan potongan harga bagi konsumen yang membeli dalam jumlah banyak atau ketentuan lainnya.

Meski pun simple, perlakukan-perlakuan seperti ini dapat membuat konsumen senang bertransaksi di tempat anda. Selain itu, hal ini juga dapat membuat peningkatan jumlah dari konsumen kedepannya.

 Menggunakan teknologi terbaru

Dengan menggunakan teknologi-teknologi baru dan canggih seperti penyimpanan data dan lainnya dapat membuat usaha kecil anda bisa bersaing dengan usaha-usaha lainnya yang berskala besar. Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi tentunya akan membuat pekerjaan menjadi akan lebih mudah.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini