nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin Rapat Bahas Finalisasi RUU Pertanahan

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 04 Mei 2017 13:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 04 470 1682994 menko-darmin-rapat-bahas-finalisasi-ruu-pertanahan-KzLJL6oDlE.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian baru saja menggelar rapat koordinasi (rakor) tentang pertanahan. Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil menyebutkan ada sejumlah hal dibahas dalam rakor.

"Jadi barusan adalah rakor untuk finalisasi RUU Pertanahan. Sebagaimana diketahui RUU Pertanahan ini adalah inisiatif dewan (Dewan Perwakilan Rakyat/DPR), kemudian DIM (daftar inventarisasi masalah) disiapkan DPR, kemudian disampaikan ke Pemerintah," jelas Sofyan di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (4/4/2017).

Setelah usulan tersebut diterima oleh pemerintah, lanjut Sofyan, nantinya pemerintah akan memberikan beberapa input atau masukan terkait tindak lanjut penggodokan RUU Pertanahan. "Kemudian pemerintah mengomentari dan menambahkan beberapa inisiatif baru yang barangkali belum terkover dalam DIM sebelumnya," lanjutnya.

Ia mengatakan, setidaknya ada sekira 26 undang-undang (UU) yang memiliki keterkaitan dengan persoalan pertanahan. Sehingga penggodokan RUU Pertanahan butuh waktu dan proses yang tidak sebentar.

"Karena diketahui ada 26 UU yang berkaitan dan bersinggungan dengan tanah. Oleh karena itu kita minta, waktu itu dibahas di rapat kabinet lalu di rapat kabinet kemudian presiden (Joko Widodo) minta Pak Menko (Menteri Koordinator bidang Perekonomian) mengkoordinir," lanjutnya.

"Hari ini kita sudah koordinasi dengan instansi terkait, kemudian ada saran perbaikan kita tunggu dalam seminggu, kemudian kita perbaiki," tambahnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini