nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhir Mei, RUU Pertanahan Dibawa ke DPR

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 04 Mei 2017 13:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 04 470 1682999 akhir-mei-ruu-pertanahan-dibawa-ke-dpr-lAYBru4Tco.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan, Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan akan segera dibawa ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) guna ditindaklanjuti. Ia menyebutkan, paling tidak akhir Mei pembahasan RUU Pertanahan sudah sampai di DPR.

"Akhir Mei sudah masuk ke DPR dan sidang berikutnya sudah mulai kita diskusikan lalu kita bahas," jelasnya di Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian, Kamis (4/5/2017).

Hari ini, Kamis (4/5/2017), Menteri Koordinator bidang Perekonomian pun telah melakukan rapat koordinasi (rakor) terkait masalah pertanahan tersebut. Ada sejumlah hal yang dibahas dalam rapat yang turut dihadiri olehnya tersebut.

"Banyak input-nya, masalah HPL (hak pengelolaan lahan), apakah BLH (Badan Lingkungan Hidup) atau tidak, dengan implikasinya kalau HPL jadi hak nanti bagaimana dengan keuangan negara, tentang masalah pola-pola pikir," lanjut Sofyan.

Ia pun menyatakan, sejumlah pihak, mulai dari kementerian hingga lembaga (K/L) terkait turut memberikan masukan untuk memfinalisasikan RUU Pertanahan.

"Banyak, hampir semua kementerian memberikan input nanti akan dikirim secara tertulis untuk kita incorporate (gabungkan) agar UU ini menjadi lebih baik. Kita harap UU ini jadi UU monumental, bisa bertahan 20 sampai 40 sampai 50 tahun ke depan seperti UU Pokok Agraria," lanjutnya.

Dia menambahkan, rakor hari ini merupakan tindak lanjut akhir yang dibahas bersama Kemenko Perekonomian. Proses selanjutnya tinggal melakukan penyempurnaan di bawah Kementerian ATR. Selanjutnya baru diserahkan kepada DPR.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini