Image

INSPIRASI BISNIS: Bisnis Pisang Goreng Kipas Beromzet Rp30 Juta per Harinya

Iman Jaya Lase , Jurnalis · Sabtu 06 Mei 2017, 12:00 WIB
https img o okeinfo net content 2017 05 05 320 1684604 inspirasi bisnis bisnis pisang goreng kipas beromzet rp30 juta per harinya qyfNKEGEwr jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

SITOLI - Sajian pisang goreng kipas merupakan kuliner yang banyak diburu warga. Selain makanan favorit, ini merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Bagaimana tidak, Sadaria Harefa, ibu lima anak ini dapat meraih omzet hingga Rp1 juta per hari. Jika berdagang satu bulan penuh, ia bisa mengantongi Rp30 juta.

Pulau Nias yang kaya akan pohon pisang banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar dan menjadi salah satu komoditi andalan. “Seperti menjual ke luar Pulau Nias, maupun mengolah menjadi kuliner dan dipasarkan di dalam daerah,” ujarnya.

Sadaria Harefa, salah seorang warga Desa Saewe, memanfaatkan usaha penjualan pisang goreng kipas dengan dibantu oleh lima orang putrinya. Selain sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dirinya juga mengajari anaknya untuk hidup mandiri dan berusaha sendiri. Terlebih, ia saat ini menyandang status janda.

Setiap harinya, sepulang sekolah, kelima anak remaja Sadaria Harefa selalu membantunya berjualan pisang goreng yang kerap diburu warga. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, penghasilan penjualan pisang goreng juga digunakan untuk biaya sekolah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini