nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Anjlok, Mendag Khawatir Pengusaha Karet Tebang Pohon

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 08 Mei 2017 15:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 08 320 1686055 harga-anjlok-mendag-khawatir-pengusaha-karet-tebang-pohon-tO3eqhMX2N.jpg Foto Mendag (Dedy/Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengkhawatirkan kondisi harga karet cenderung rendah yang dapat mengakibatkan penebangan terhadap pohon-pohon karet yang ada.

"Karet harganya lagi jatuh. Jadi banyak pohon karet dipotong-potongin karena harganya jatuh, itu yang saya takut. Kami dengan Menteri Pertanian dengan Kehutanan (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) coba lakukan kerjasama," katanya di Jakarta, Senin (8/5/2017).

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam laman Facebook-nya menyatakan, saat ini suplai kakao masih cenderung rendah padahal permintaannya terbilang tinggi. Mendag pun turut menyoroti masalah pertanian kakao. Mendag menjelaskan akibat minimnya ketersediaan kakao.

"Kalau ini kita terlambat replanting. Jadi kita short (sedikit) dari sisi suplai. Dan kopi penjualan mulai meningkat dengan eskpor meningkat, diharapkan lebih banyak, lebih bagus lagi pasarnya," terang Mendag.

Mendag pun mengatakan, Karena suplai yang minim ironisnya pemerintah kesulitan untuk menghindarkan diri dari impor kakao dari luar negeri.

"Beliau (Jokowi) itu sampaikan betul, jadi kakao kita industrinya positif tapi suplai sedikit karena terlambat replanting, karena waktu itu harganya rendah. Ironis sekali kita terpaksa untuk impor itu. Bapak Presiden tak mau itu terjadi pada kopi. Kita dorong, dia beri early warning ini jangan sampai terjadi, jadi kita harus siap untuk itu," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini