Image

Bangunan-Bangunan Paling Berwarna di Seluruh Dunia, di Mana Saja?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 Mei 2017, 00:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 11 470 1688798 bangunan-bangunan-paling-berwarna-di-seluruh-dunia-di-mana-saja-9as7zd0r5j.jpg Foto: BioMuseo

JAKARTA - Penggunaan warna harus diperhatikan oleh para arsitek dalam membangun sebuah bangunan. Pasalnya, penggunaan warna yang berlebihan justru dapat merusak pemandangan dari gedung itu sendiri.

Berikut beberapa bangunan yang dirancang oleh arsitektur ternama, yang berhasil menarik perhatian dengan rancangan multi-warnanya.

1. Netherlands Institute for Sound and Vision oleh Willem Jan Neutelings dan Michiel Riedijk

Terletak di sebelah tenggara Amsterdam, Hilversum dikenal sebagai pusat industri televisi Belanda. Bangunan yang merupakan rumah bagi arsip penyiaran nasional ini dilapisi oleh kulit panel cast glass berwarna-warni.

2. Gedung Kuggen oleh Wingardh Arkitektkontor

Bangunan ini terletak di pesisir barat daya Swedia di sebuah kota bernama Gothenburg tepatnya di Chalmers University of Technology. Gedung yang selesai dikerjakan pada Maret 2011 tersebut, terdiri dari enam nuansa warna merah dan dua warna hijau yang membungkus struktur bangunan dengan efek yang menakjubkan.

3. Santa Monica Civic Parking Garage oleh Arsitek Moore Rubel Yudell

Garasi parkir umum sering kali sulit untuk menonjol di sebuah kota yang terdapat bangunan-bangunan bertingkat yang luar biasa. Namun, hal itu tidak berlaku kepada arstirek dari Moore Ruble Yudell yang berprestasi dengan desain garasi parkir mobil Santa Monica Civic. Di sana 9 ratus mobil disimpan di garasi paling bergaya di kota tersebut.

4. TK Sam Monthey oleh Nonnar Woeffray Architectes

Terbungkus dalam serangkaian bilah kayu yang sama, TK Sam Monthey ini memiliki warna seperti permen yang mencerahkan pemandangan Montarbus Swiss yang suram. Bonnar Woeffray merancang strukturnya dengan sangat imajinatif

5. Pusat Pendidikan El Captivador oleh Crystal Zoo

Pusat pendidikan di daerah pedalaman Alicante, Spanyol ini mengacu pada arsitektur vernakular mediterania dan rumah riurau primitif untuk menciptakan tambahan organik. Dirancang oleh perusahaan muda CrytsalZoo, struktur kelembagaan secara elegan terbentang seperti labirin yang canggih dan efeknya yang dinamis.

6. Bio Museo oleh Frank Gehry

Bangunan ini merupakan proyek pertama dari Frank Gehry yang berada di Amerika Latin. Bangunan yang sengaja dirancang untuk keanekaragaman hayati di Panama ini memiliki atap miring, dengan kanopi yang berbahan logam serta ditumpuk satu sama lain. Desain warna-warni bangunan tersebut mengingatkan pada palet tropis Panama sendiri.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini