Image

Marak Virus Ransomware, Bagaimana Nasib Sekuritas dan Perdagangan Saham?

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 15 Mei 2017, 06:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 15 278 1690952 marak-virus-ransomware-bagaimana-nasib-sekuritas-dan-perdagangan-saham-iUBe9MOn8w.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Regulator dan pengawas pasar modal Indonesia dinilai mempunyai langkah antisipatif dengan meningkatkan kekebalan sistem IT imbas maraknya serangan hacker lewat sebuah malware yang dikenal dengan Ransomware.

Ransomware telah membuat perusahaan di seluruh dunia waswas dan mempersiapkan serangan siber baru.

Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, kendati ada gangguan dari virus Ransomware, maka gangguannya hanya berlaku lokal, misalnya di komputer sekuritas.

“Kalau pun ada gangguan maka hanya berlaku secara lokal misalnya di lokal sekuritas saja, tetapi ketika terjadi gangguan di lokal sekuritas misalnya ada order dari investor kita dapat meminjam sistem di sekuritas lain,” terangnya kepada Okezone.

Dia menjelaskan, virus biasanya datang dari email yang tidak dikenal, ketika dibuka, virus yang berada dalam email segera menduplikasikan diri dan menyerang jaringan komputer. Reza pun mengimbau semua pihak untuk berhati-hati terhadap email yang tidak dikenal.

“Langkah antisipatifnya adalah dengan delete email yang tidak dikenal. Terutama yang datangnya dari luar negeri. Biasanya kalau mitra kami dari luar negeri mereka akan memberi konfirmasi sebelum mengirimkan email apapun,” tukas dia. (dni)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini