Image

17 Perusahaan Dijadwalkan Akan IPO pada Semester I

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 16 Mei 2017, 19:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 16 278 1692546 17-perusahaan-dijadwalkan-akan-ipo-pada-semester-i-mJTQhbPccJ.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sebanyak 15-17 emiten akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada semester I 2017. Beberapa di antaranya telah melakukan mini expose.

"Kalau efektif pakai laporan Juni jadi efektifnya Juni. Ada 15-17 perusahaan, prosesnya kan semester pertama," ujar Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Akan tetapi dari jumlah tersebut, Samsul belum mendapati nama anak perusahaan BUMN yang dikabarkan akan melepas saham kepada publik. Nama-nama yang telah dikantongi BEI adalah emiten swasta.

Adapun emiten yang berencana IPO pada semester I ini sebagaimana disebutkan Samsul adalah PT Sriwijaya Air. Kemudian emiten sektor properti, PT Ayana Realty yang merupakan anak perusahaan PT Merpati Abadi Sejahtera juga dijadwalkan melakukan IPO semester ini.

Ada juga nama PT MAP Boga Adiperkasa yang merupakan anak usaha PT Mitra Adiperkasa Tbk dan PT Hartadinata Abadi.

"Nama-namanya saya tidak tahu, tergantung pernyataan efektif dan izin," tambahnya.

Sementara hingga Mei ini tercatat 8 emiten baru yang resmi melantai di bursa yakni PT Nusantara Pelabuhan Handal (PORT), PT Bintraco Dharma (CARS), PT Forza Land Indonesia (FORZ), PT Sanurhasta Mitra (MINA), PT Sariguna Primatirta (CLEO), PT Cahaya Sakti Investindo Sukses (CSIS), PT Pelayaran Tamarin Samudra (TAMU), dan terakhir PT Terregra Asia Energy (TGRA) yang mencatatkan saham hari ini.

Sementara itu, pihak BEI menargetkan tambahan emiten tahun ini sebanyak 35 emiten. Penambahan emiten ini diharapkan dapat meningkatkan likuiditas pasar modal.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini