Image

Kontrol Harga Rumah, Land Bank Jadi Solusinya!

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 16 Mei 2017, 18:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 16 470 1692494 kontrol-harga-rumah-land-bank-jadi-solusinya-1nBgydmHPF.jpg Foto: Trio Hamdani

JAKARTA - Kenaikan harga tanah sulit dikontrol. Akibatnya, harga rumah ikut terdorong naik. Hal itu mengakibatkan penyediaan rumah murah sulit diwujudkan.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan pemerintah guna memasok kebutuhan hunian yang harganya terjangkau buat masyarakat ialah dengan menguasai sejumlah lahan. Nantinya, lahan tersebut diperuntukkan membangun rumah murah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin pun mengatakan sejauh ini yang membuat harga rumah mahal karena harga tanah yang sulit dikendalikan.

"Selama ini salah satu komponen yang buat harga rumah mahal tanah. Kalau pemerintah kuasai lahan, otomatis lahan bisa dikendalikan. Kecepatan harga tanah sangat drastis. Per bulan aja sudah bisa dua kali lipat karena mekanisme pasar," jelasnya dalam '2nd Property & Mortage Sumit 2017' di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Dia mengatakan, mekanisme pasar yang menyebabkan harga tanah tinggi sulit untuk ditahan. Oleh karenanya, dia menilai perlu adanya upaya pengendalian harga. Caranya dengan menyiapkan land bank atau bank tanah yang dimiliki oleh pemerintah.

"Paling tidak bisa dikendalikan. Tanah itu tidak naik sesukanya berdasarkan mekanisme pasar tapi dikontrol pemerintah. Itu bisa kalau ada land banking, dalam penguasaan pemerintah, dalam pengendalian pemerintah," lanjutnya.

Dia menambahkan, apabila tanah dimiliki oleh pribadi, maka mereka bisa menaikkan harga tanah sesuai keinginan mereka. "Kalau dia bebas, Anda punya tanah, mau jual berapa ada yang mau beli bebas. Makanya peraturan yang dibuat ini menyangkut land banking," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini