nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Singapura, Tower Bersama Bakal Terbitkan Obligasi USD500 Juta

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017 17:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 17 278 1693389 di-singapura-tower-bersama-bakal-terbitkan-obligasi-usd500-juta-nnKHCMVbqo.jpg Foto: Ulfa Arieza

JAKARTA - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) berencana menerbitkan surat utang berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) melalui entitas anak yang berlokasi di Singapura, yakni TBG Global Pte Ltd.

Nilai obligasi yang akan diterbitkan nantinya maksimal USD500 juta dan akan ditawarkan kepada investor di luar negeri. Kupon yang ditetapkan maksimum sebesar 8% sesuai dengan ketentuan yang berlaku di pasar.

Direktur Tower Bersama Infrastructure Helmy Yusman mengatakan bahwa perseroan tiap tahunnya selalu menerbitkan obligasi. Pihak perseroan sedang melalukan pendekatan sebelum akhirnya memutuskan nilai dan kupon yang akan ditawarkan kepada pasar.

"Penetapan rencana obligasi dolar ini selalu diagendakan tiap tahunnya, tetapi kita belum tahu jumlah pasti yang akan diterbitkan. Saat ini masih melihat perkembangan pasar obligasi dulu, kalau baik nanti baru diterbitkan," jelasnya di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (17/5/2017)

Dana yang terhimpun dari obligasi akan digunakan untuk tambahan belanja modal jika sewaktu-waktu belanja modal melebihi anggaran yang telah ditetapkan perseroan. Selain itu, perseroan juga berencana melakukan refinancing utang.

Saat ini perseroan tercatat memiliki utang dalam dolar mencapai USD1,4 miliar. Utang tersebut terdiri dari USD650 juta yang merupakan global bond. Sedangkan sisanya sebanyak USD750 merupakan utang sindikasi perseroan kepada 11 bank.

"Kalau jadi terbitkan obligasi dalam dolar ini rencananya untuk refinancing utang untuk mengurang cost of fund perseroan," tukas dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini