nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Gerakkan Ekonomi Daerah

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017 18:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 17 320 1693448 jokowi-pembangunan-infrastruktur-gerakkan-ekonomi-daerah-nbE7K92zo1.jpg Pertemuan Jokowi dan Pimred (Foto: Dedy Afrianto/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Pembangunan ini tak hanya dilakukan di kota besar, melainkan juga di kota kecil hingga daerah perbatasan.

Menurut Jokowi, pembangunan ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi daerah. Pembangunan ini pun diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat kecil di berbagai daerah di Indonesia.

"Infrastruktur apa pun itu bisa menggerakkan ekonomi daerah. Petani bisa menjual produknya dengan schedule dan rutinitas yang berakumulasi. Infrastruktur itu membacanya seperti itu," tuturnya di Istana Merdeka saat melakukan pertemuan dengan beberapa pimpinan media, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Pada kesempatan ini, Jokowi pun sempat bercerita tentang pembangunan yang tengah gencar dilakukan. Salah satunya adalah pembangunan pelabuhan.

"Dulunya hanya kapal kecil dan kadang empat bulan kapalnya enggak nongol karena ombak sangat besar. Sekarang kapal yang sedang bisa merapat, akhirnya tinggal masalah pembuatan manajemen untuk schedule kapal bisa datang ke sana. Sekarang sudah dua minggu sekali. Tapi saya minta agar bisa seminggu sekali," jelasnya.

Menurut Jokowi, dengan melakukan pembangunan, masyarakat kecil dapat terbantu. Khusunya dalam hal perdagangan pada berbagai sektor.

"Akhirnya, kalau kapal datang rutin itu pedagang juga datang ke situ. Kecil-kecil, hanya beli pala berapa ton, beli kopra berapa ton, beli cengkih berapa ton, yang dulu enggak bisa barang, barang itu terkirim dengan baik. Sekarang secara rutin bisa disiapkan oleh penduduk," ungkapnya.

Untuk itu, pembangunan infrastruktur terus dilakukan. Diharapkan, pembangunan ini dapat selesai pada tepat waktu.

"Hal seperti ini (pembangunan pada daerah terpencil) yang juga perlu dibaca," tutupnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini