Image

Bank Ajak Kerjasama Pengembang Perumahan, OJK: Kriterianya Perlu Diperketat

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017, 16:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 17 470 1693282 bank-ajak-kerjasama-pengembang-perumahan-ojk-kriterianya-perlu-diperketat-iCkX5JIYpL.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau agar bank penyalur kredit pemilikan rumah (KPR) lebih selektif dalam bekerja sama dengan pengembang atau developer dalam memberikan pinjaman.

Deputi Direktur Direktorat Pelayanan Konsumen OJK Rela Ginting menyatakan, pentingnya bank untuk lebih teliti memilih developer yang hendak diajak bekerja sama guna menghindari risiko bagi perbankan.

"Bisa dipastikan sehingga risiko buat pihak bank, sehingga kriterianya perlu diperketat khususnya reputasi developernya," katanya dalam diskusi 'Property & Mortgage Summit 2017' di Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Yang dikhawatirkan, seperti yang dia dikatakan, ada bank di daerah yang abai terhadap risiko-risiko yang bisa dihadapinya jika bekerja sama dengan developer yang rekam jejaknya belum jelas dan teruji.

"Kadang di daerah nih, kadang ada pemimpin cabang (bank) yang lakukan kerjasama tanpa ada semacam evaluasi dari (bank) pusat. Sehingga pemimpin cabang kerjasama dengan developer yang reputasinya kurang," jelasnya.

Terkait hal tersebut, maka pihaknya mengimbau agar pihak developer lebih bersikap terbuka mengenai produk-produk rumah yang digarapnya. "Dari developer, bahwa dia harus tingkatkan transparansi terhadap proses pembangunan rumah bagaimana dia akan bangun rumah tersebut," terangnya.

OJK, menurut dia, sudah pernah berbicara dengan Kementerian Perdagangan terkait memberikan perlindungan kepada konsumen di bidang perumahan.

"Salah satu yang diharapkan itu bahwa nanti developer-developer itu nanti memiliki pihak yang menangani pengaduan konsumen. Jadi kalau misalnya kualitasnya enggak sesuai, developer terlambat membangun, maka setiap developer punya itu," tambahnya.

(rzk)

  • TAG :
  • JK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini