Image

Penjualan Masih Seret, Pengembang Optimistis Bisnis Properti Segera Pulih

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017, 16:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 17 470 1693322 penjualan-masih-seret-pengembang-optimistis-bisnis-properti-segera-pulih-dbjLbJFad4.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Di tengah sektor properti yang masih cenderung lesu, salah satu pengembang nasional meyakini bisnis di sektor ini akan kembali bergeliat.

"Penjualan masih seret. Tapi kami masih optimis bahwa bisnis properti akan kembali pulih,” kata Direktur Utama PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P Adhi dalam diskusi 'Property & Mortgage Summit 2017' di Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Dirinya mengungkapkan pengembang optimis bahwa bisnis properti akan kembali tumbuh setelah mengalami kelesuan selama beberapa tahun belakangan.

"Dengan majunya bisnis properti dan semakin pintarnya konsumen, akhirnya BI keluarkan aturan LTV (loan to value) sehingga menjadi lebih teratur, kami katakan bagus," terangnya.

Meskipun pada awalnya, menurut dia, kebijakan LTV membuat pengembang kaget karena adanya pengetatan, namun dia mengatakan, hal itu membuat pengembang lebih bertanggung jawab dengan proyeknya.

"Pertama kali keluar 2013, waktu itu pengembang sempat syok karena pencairan (pinjaman) bisa 90% tiba-tiba harus dicicil sesuai progres. Tapi lama-lama kami bisa memahami bahwa aturan itu sangat bagus," terangnya.

"Karena pengembang dipaksa membuat komitmen ketika bangun sampai atap baru dikasih lagi. Karena kalau langsung dikasih 100%, ada pengembang yang justru uangnya ke mana-mana, konsumen enggak dapat apa-apa," tambah dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini