Image

OJK Klaim Perppu Keterbukaan Informasi, Tak Picu Capital Outflow

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 21:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 18 20 1694584 ojk-klaim-perppu-keterbukaan-informasi-tak-picu-capital-outflow-oS87DsPEx2.jpg Foto: Ulfa Arieza

JAKARTA - Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan. Hadirnya aturan tersebut, disinyalir mampu menggenjot penerimaan negara dari pajak.

Kendati demikian, pengesahan Perppu ini ternyata menimbulkan beberapa kekhawatiran. Salah satunya adalah penarikan aliran dana keluar atau capital outflow.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Nurhaida mengatakan, penerbitan aturan keterbukaan informasi ini tidak akan menimbulkan capital outflow. Mengingat sejumlah negara di dunia juga telah menerapkan sistem ini.

"Saya rasa tidak, semua negara juga wajibkan untuk itu. Jadi apakah ada untuk pengaruh outflow ke negara lain, kan negara lain pun diterapkan," ujar Nurhaida di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Saat ini, lanjut Nurhaida, yang perlu difokuskan adalah sosialisasi tentang Perppu baru ini ke masyarakat sehingga tidak terjadi kendala dalam pelaksanaannya. Sebagai pihak pengawas perbankan nasional, Nurhaida juga mengatakan bahwa pihak OJK akan turut serta dalam sosialisasi Perppu ini.

"Bisa saja OJK juga ikut sosialisasi, karena Perppu ini menyangkut juga di sektor jasa keuangan, perbankan, pasar modal. Maupun juga industri keuangan nonbank," tuturnya.

Nurhaida juga mengatakan bahwa tidak seharusnya ada kekhawatiran yang muncul, lantaran pihak Ditjen Pajak tidak akan sembarangan dalam membuka data nasabah. Akan terdapat mekanisme serta persyaratan tersendiri bagi para lembaga sektor keuangan untuk dapat mengakses informasi melalui sistem perbankan.

"Tidak dengan secara terbuka dan semuanya boleh lihat, itu nanti pasti akan ada ketentuannya dan persyaratannya dan pihaknya yang bisa akses data siapa," tukas dia.

(rzk)

  • TAG :
  • JK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini