Image

Intip Akses Perpajakan, Menkeu Pastikan Tak Ada Lagi WP Mangkir

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 22:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 18 20 1694610 intip-akses-perpajakan-menkeu-pastikan-tak-ada-lagi-wp-mangkir-U4sjHNA0xi.jpg Foto: Lidya Julita Sembiring

JAKARTA - Indonesia akan mengikuti program keterbukaan informasi perpajakan atau Automatic Exchange of Information (AEoI) pada 2018. Melalui keikutsertaan Indonesia maka tidak ada lagi Wajib Pajak yang menghindar dari kewajiban pajak yang sebabkan erosi perpajakan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan, keinginan Indonesia mengenai keluarnya Perppu No.1/2017 pada 8 Mei 2017, pertama dalam konteks global di mana negara-negara di dunia telah melakukan kesepakatan untuk melakukan kerjasama antara negara.

Menurut dia, kesepakatan ini dipicu oleh krisis keuangan global yang membuat negara di dalam forum G20 berinisiatif untuk kerja sama membuka informasi perpajakan internasional untuk ditingkatkan dan diformalkan.

Dengan kerjasama ini, maka informasi perpajakan antara negara untuk hilangkan ruangan atau tempat bagi pembayar pajak yang melakukan penghindaran melalui tax haven bagi tax avoidance bisa dihindarkan.

"Jadi tidak ada lagi alasan bagi WP atau alasan bagi otoritas pajak untuk tidak bisa dapatkan informasi itu. Hasilnya penghindaran dengan menggeser dari kewajiban pajaknya di tempat lain tidak ada,"ujarnya, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dia melanjutkan, sampai dengan tahun ini ada 100 negara atau yurisdiksi dan semua negara dari G20 telah ikuti program AEoI. DI mana 50 negara sudah berkomitmen akan mulai melaksanakan program keterbukaan informasi perpajakan tahun ini dan 50 sisanya masuk dalam batch tahun depan.

"Indonesia ikut dalam batch kedua, tahun depan. Kalau ikut 2017, maka seluruh peraturan perundangan untuk melakukan AEoI harus kelar tahun 2016 lalu. Sedangkan kalau mau ikut tahun 2017, maka seluruh aturan harus bisa rampung sebelum Juni 2017 ini,"ujarnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini