Image

BI Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1% di Triwulan II

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 22:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 18 20 1694632 bi-proyeksi-ekonomi-tumbuh-5-1-di-triwulan-ii-edf1MhcUWO.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II – 2017 sebesar 5,1% (yoy). Angka tersebut meningkat dibandingkan realisasi pertumbuhan di kuartal I-2017 sebesar 5,01%

"Proyeksi kami, triwulan II tumbuh 5,1%, dan triwulan III serta triwulan IV bisa di atas 5,2%," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung BI, Kamis (15/8/2017).

Pertumbuhan ekonomi salah satunya didorong kinerja ekspor. Terjadi peningkatan permintaan komoditas dari mitra ekspor China dan India, khususnya ekspor industri manufaktur. Kenaikan permintaan ekspor juga datang dari pasar Eropa. Oleh karenanya, Bank Indonesia memandang kinerja ekspor berpeluang terus meningkat.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa peningkatan kinerja ekspor akan mempengaruhi indeks harga komoditas ekspor.

"Indeks harga komoditas ekspor kita diperkirakan naik sekitar 15%," katanya.

Selain ekspor, daya beli masyarakat juga diperkirakan terus membaik sehingga akan mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga. Sehingga pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kuartal IV-2017 diprediksi bisa melebihi 5%.

BI juga meminta pemerintah untuk mempercepat realisasi belanja modal agar dapat mendorong pertumbuhan investasi.

"Kita harapkan belanja modal ini akan mendorong pertumbuhan investasi khususnya bangunan dan bisa menstimulasi pertumbuhan ekonomi," terangnya.

Selain investasi bangunan, investasi non-bangunan juga berpeluang meningkat didorong perbaikan kinerja ekspor. Dengan demikian, pihak Bank Sentral masih optimis target pertumbuhan ekonomi akhir tahun masih tercapai.

“Jadi proyeksi kami untuk keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi masih di titik tengah 5%-5,4 %," tukas dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini