Image

Sri Mulyani Yakin Perppu Keterbukaan Data Nasabah Jadi UU

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 22:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 18 20 1694635 sri-mulyani-yakin-perppu-keterbukaan-data-nasabah-jadi-uu-MpeqNqYnaP.jpg Foto: Lidya/Okezone

JAKARTA - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 telah diterbitkan. Melalui Perppu ini Ditjen Pajak pun memiliki hak untuk menilik data nasabah perbankan guna kegiatan perpajakan.

Menurut peraturan, Perppu ini harus dibawa terlebih dahulu ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk disahkan agar mempunyai Payung Hukum yang sah. Sehingga Pemerintah akan terus melakukan koordinasi dengan DPR.

"Primary legislasi ini UU dalam konteks pemenuhan AEoI. Pemerintah akan terus lakukan konsultasi dan pembicaraan dengan dewan mengenai peraturan nasional akan sangat penting dijaga bersama," ungkapnya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Selain itu, ia pun meyakini bahwa anggota dewan akan menyetujui Perppu tersebut karena digunakan untuk kepentingan negara. Selain itu juga untuk memperbaiki sistem perpajakan di Indonesia.

"Saya yakin DPR inginkan yang terbaik bagi RI ini. Agendanya jelas konsisten dengan UU perpajakan dan UU tax amnesty yang dewan sudah setuju, konsisten untuk perbaiki penerimaan pajak dan konsisten pada kepemerintahan internasional dan perjanjian yang kalau tidak dipenuhi akan merugikan. Kami akan komunikasi dan Perppu bisa cerminkan kebutuhan negara kita dan di saat yang sama penuhi kebutuhan internasional untuk dapat informasi," tukasnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini