Image

Intip Data Nasabah, Muliaman Yakinkan Pasar Modal Tak Ada Malapraktik

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 20:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 18 278 1694554 intip-data-nasabah-muliaman-yakinkan-pasar-modal-tak-ada-malapraktik-OVXiONaVnv.jpg Foto: Feby Novalius

JAKARTA - Pemerintah siapkan aturan turunan terkait akses informasi keterbukaan perpajakan yang disesuaikan dengan aturan internasional. Melalui aturan turunan yang rencananya dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) ini diharapkan tidak membuat kekhawatiran khususnya bagi industri pasar modal.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad mengatakan, OJK siap mengawal dan mensosialisasikan aturan keterbukaan informasi pajak kepada industri. Tentu sosialisasi ini dengan pendampingan Direktorat Jenderal Pajak.

Muliaman mengaku senang bahwa ternyata dalam peraturan ini pemerintah memberikan keyakinan kepada pasar bahwa sistem keterbukaan informasi pajak disesuaikan dengan standar internasional yang artinya tidak ada kepentingan perorangan dalam mencari atau mendapatkan informasi pajak nantinya.

"Saya gembira karena nanti akan dilengkapi dengan protokol internasional. Karena bank-bank selama ini banyak bertanya bagaimana nantinya," tuturnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dengan aturan tambahan yang disiapkan pemerintah, Muliaman meyakinkan industri pasar modal bahwa tidak akan terjadi malapraktik atau informasi yang disalahgunakan nantinya.

"Dengan jaminan, maka industri dan masyarakat bisa lebih tenang. Jadi back to normal dalam beraktivitas dan meningkatkan penerimaan bisa dilakukan," ujarnya.

Asal tahu saja, saham-saham perbankan diproyeksikan akan mengalami tekanan sebagai imbas dari diterbitkannya Perppu Nomor 1/2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan. Dengan aturan ini koreksi akan dialami oleh perbankan hanya dalam jangka pendek.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini