Image

Dirugikan Pengembang Perumahan, ke Mana Harus Mengadu?

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 11:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 18 470 1693900 dirugikan-pengembang-perumahan-ke-mana-harus-mengadu-u8QlLl4VZu.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Tak jarang masyarakat dalam membeli rumah mendapatkan hunian yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan pengembang. Lantas, jika masyarakat dirugikan karena hal tersebut, ke mana mereka harus mengadu?

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (lPW) Ali Tranghanda menyebut bahwa saat ini posisi masyarakat yang dirugikan terkait produk properti rumah tinggal masih lemah. Hal itu dikarenakan belum adanya lembaga yang secara tegas mengawasi pengembang.

"Kalau kita bicara konsumen memang sekarang itu konsumen lemah. Jadi perlu ada semacam bantuan hukum untuk melindungi konsumen," katanya ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Sementara untuk saat ini belum ada lembaga pengaduan konsumen yang secara khusus menangani permasalahan yang menimpa konsumen di bidang properti khususnya perumahan. Sehingga hal itu membuat posisi masyarakat menjadi lemah.

"Jadi begini, misalkan kita mau ngadu, ngadu ke siapa? Enggak ada, belum ada lembaga. Ada tapi YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia)," lanjutnya.

Menurutnya, YLKI pun belum terlalu menguasai persoalan di bidang properti rumah tinggal ini. Sehingga belum terlalu mampu untuk membantu konsumen yang bermasalah dengan produk properti perumahan karena masih bersifat lembaga pengaduan secara umum.

"YLKI yang saya lihat saat ini pun belum fokus, belum terlalu memahami mengenai properti dan perumahan karena beda," tambahnya. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini