Image

Penting! Konsumen Harus Teliti Sebelum Lakukan Perjanjian Beli Rumah

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 05:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 18 470 1694447 penting-konsumen-harus-teliti-sebelum-lakukan-perjanjian-beli-rumah-aAO7pjD6wn.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Konsumen properti hunian tak jarang dirugikan oleh pengembang karena produk rumah yang dia beli tak sesuai dengan yang diharapkan.

Oleh karenanya Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (lPW) Ali Tranghanda mengimbau agar calon pembeli rumah benar-benar teliti sebelum membeli khususnya saat hendak melakukan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB).

Konsumen diminta untuk lebih cermat dalam memilih produk properti rumah tinggal lantaran posisinya yang lemah, yakni mereka tidak memiliki cukup kekuatan hukum untuk mempersoalkan hak mereka dalam membeli rumah.

"Jadi ini butuh kejelian konsumen. Selama konsumen menandatangani PPJB sesuai spek, (rumah yang dijanjikan pengembang) sesuai spek dan konsumen tahu itu nggak masalah," katanya ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Yang disayangkan, terkadang pihak yang membeli rumah tidak mengetahui kesepakatan dengan pengembang terkait hak-hak mereka pada saat melakukan PPJB. Sehingga mereka tak bisa melakukan komplain ketika rumah yang didapat tak sesuai yang dijanjikan.

"Kadang-kadang konsumen nggak tahu kan besinya berapa, semennya dan lain sebagainya, kan nggak tahu. Tapi kalau sampai pengembang spek (rumahnya) down grade nggak sesuai itu bisa nuntut," terang Ali.

Dia menambahkan, bahwa yang perlu digaris bawahi, sejauh ini tidak ada lembaga yang melindungi konsumen khusus di bidang properti. "Nuntutnya ke mana? Nggak tahu juga kan," tambahnya. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini