Image

Wih, BPK Ditunjuk Jadi Auditor Eksternal Badan Tenaga Atom Internasional

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 14:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695044 wih-bpk-ditunjuk-jadi-auditor-eksternal-badan-tenaga-atom-internasional-cLH9mO1LcW.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ditunjuk sebagai external auditor Badan Tenaga Atom Internasional. Hal ini disampaikan oleh Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara saat menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2016 kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Sidang Paripurna DPR RI.

Moermahadi mengatakan, penunjukan ini telah diperpanjang hingga 2022. Hal ini pun menjadi salah satu prestasi bagi lembaga tinggi negara di kancah internasional.

"Kami menyampaikan bahwa penunjukan BPK sebagai external auditor Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA) diperpanjang sampai dengan tahun 2022, yang sebelumnya hanya tahun 2016 dan 2017," tuturnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Perpanjangan ini diputuskan pada 8 Mei 2017 di Wina, Austria. Tepatnya setelah penyampaian hasil pemeriksaan 2016 pada sidang IAEA yang dihadiri oleh 168 negara anggota.

"Penunjukan sebagai external auditor IAEA tersebut mendorong kami untuk terus meningkatkan kapasitas dalam melaksanakan tugas kami di bidang pemeriksaan keuangan negara," imbuhnya.

Diharapkan, kerjasama ini nantinya dapat meningkatkan kualitas BPK dalam memeriksa laporan keuangan. Dengan begitu, tak ada lagi penyalahgunaan anggaran negara seperti yang kerap kali ditemui oleh BPK.

"Hal ini menambah pengalaman bagi kami dalam memeriksa lembaga internasional untuk dapat meningkatkan kualitas pemeriksaan keuangan negara di Indonesia," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini