Image

Begini Strategi Sri Mulyani Buat Pemerintah Raih Opini WTP

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 14:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695049 begini-strategi-sri-mulyani-buat-pemerintah-raih-opini-wtp-KJN1ivToor.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kehadiran Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan di Indonesia ternyata memberikan dampak positif pada pengelolaan keuangan negara. Belum genap setahun menjabat, Sri Mulyani telah berhasil membawa Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Predikat ini merupakan yang pertama kalinya diterima oleh pemerintah pusat dalam kurun waktu 12 tahun terakhir. Menurut Sri Mulyani, hal ini tercapai berkat masukan dan diskusi yang dijalin dengan kementerian atau lembaga (K/L) tinggi negara.

"Kita bekerja sangat intens, mendengarkan semua masukan-masukan teman-teman yang dihadapi di berbagai K/L. Kita memerhatikan terus pandangan-pandangan auditor dari berbagai K/L. Pandangan mengenai masalah suspend tadinya ada sekarang hilang, masalah tagihan pajak, yang mereka minta audit lagi tambahan jumlahnya, dokumennya, kita berikan semuanya," tuturnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Detail-detail laporan keuangan pun turut diperhatikan oleh Sri Mulyani. Hal inilah yang menjadi kunci kesuksesan dalam membuat laporan keuangan pemerintah.

"Mereka melihat membahas dengan kita. Kita bahas mengenai berbagai K/L, subsidi. Jadi kita memang bekerja sangat intensif dan memerhatikan detail apa yang disampaikan BPK," ungkapnya.

Sri Mulyani pun sangat menghargai semua rekomendasi yang telah diberikan oleh BPK. Pemerintah pun nantinya juga akan menindaklanjuti saran dan temuan yang telah dilaporkan oleh BPK.

"Sangat menghargai betul pandangan dari BPK karena spirit-nya adalah memang memperbaiki kualitas laporan akuntabilitas kita dan juga memperbaiki tata kelola, karena banyak hal seperti masalah konsistensi pembukuan, mengenai subsidi, PMN itu baik sekali yang disampaikan BPK. Kami sangat berterima kasih kepada BPK yang telah memberikan banyak sekali rekomendasi positif," ungkapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini