Image

Rekor Raih Opini WTP, Sri Mulyani akan Fokus pada Akuntabilitas

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 14:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695063 rekor-raih-opini-wtp-sri-mulyani-akan-fokus-pada-akuntabilitas-z8byKuiOrk.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan. Capaian ini merupakan prasasti yang berhasil diraih pemerintah untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, pemerintah akan terus melakukan perbaikan dalam menyusun laporan keuangan. Akuntabilitas pun akan menjadi perhatian utama Sri Mulyani.

"Tapi pada akhirnya yang penting adalah akuntabilitas dari sisi bahwa seluruh pengeluaran negara itu mencapai targetnya atau result nya, dan ini salah satu yang terus akan kita pantau Dan perbaiki dari sisi seluruh belanja Kementerian lembaga, dari sisi belanja baerah apakah seluruh desain belanja itu betul-betul untuk mencapai result atau hasil yang diharapkan," tuturnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Sri Mulyani pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran di Kementerian atau Lembaga tinggi negara. Melalui prestasi ini, kualitas laporan keuangan diharapkan dapat terus meningkat.

"Saya yakin ini akan memperbaiki cara kita mengelola keuangan negara. Saya berterima kasih dengan usaha keras kita beberapa bulan terakhir dan sampai beberapa hari terakhir kita lembur, WTP diperoleh, karena tentu BPK yakin bahwa yang dilakukan pemerintah dan akuntabilitas yang dilakukan memang sesuai dengan prinsip standar akuntansi yang baik," jelasnya.

Sri Mulyani memastikan bahwa nantinya pemerintah akan terus meningkatkan kualitas laporan keuangan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya kecurangan atau penyalahgunaan anggaran negara.

"Jadi kita juga memperhatikan BPK dari sisi proses peraturan Perundang-undangan, ketepatan alokasinya, ketepatan Pembukaan atau sistem akuntansinya, dan ketepatan di dalam menghasilkan hasilnya it sendiri. Itu semua siklus pengelolaan Keuangan negara. Ini saya rasa bagus sekali, saya rasa dari sisi kualitas kita dengan membahas bersama BPK, dengan DPR, kita akan terus memperbaiki tidak hanya dari sisi bagaimana uang dibelanjakan, berapa besar namun juga kita akan mulai tertib melaporkan, membukukan, dan juga tertib dalam memantau hasilnya," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini