Image

Tax Ratio 2018 Ditargetkan 12%, Menkeu: Tantangan yang Luar Biasa!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 15:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695118 tax-ratio-2018-ditargetkan-12-menkeu-tantangan-yang-luar-biasa-xlRPero7zg.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memiliki target dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) Tahun Anggaran 2018. Hal ini pun telah disampaikan dalam Sidang Paripurna DPR RI siang ini.

Salah satu hal yang disampaikan oleh Sri Mulyani adalah tentang tax ratio pada 2018. Sri Mulyani menargetkan, tax ratio 2018 nantinya akan mencapai angka 11% hingga 12%.

"Pada tahun 2018, diharapkan tax ratio dapat mencapai 11-12% meningkat dibandingkan dengan tax ratio tahun 2016 sebesar 10,36%" kata Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Menurut Sri Mulyani, upaya pencapaian akan menghadapi tantangan yang cukup berat. Namun, melalui kerja keras, reformasi perpajakan yang konsisten, penguatan kelembagaan perpajakan, penggalian potensi, dan penegakan hukum yang objektif, target tersebut diharapkan dapat dicapai.

"Di dalam tim reformasi saya sudah minta pada tim untuk menjelaskan rencana kerja tahun ini, tahun depan, sehingga bisa mencapai tax ratio yang lebih tinggi. Kalau tax ratio dalam arti sempit dari 10,3% menjadi 11-12% itu tantangan luar biasa, naik setinggi itu. Tapi kita coba lakukan, dari sisi Peraturan Perundang-undangan kita berharap KUP (Ketentuan Umum Perpajakan) segera bisa diselesaikan, sehingga kita bisa mulai masuk income tax maupun value added tax," jelasnya.

Target ini pun diharapkan, dapat tercapai setelah diberlakukannya program tax amnesty. Tak hanya itu, keterbukaan informasi perpajakan internasional hingga aturan keterbukaan data nasabah perbankan untuk Ditjen Pajak diharapkan juga dapat meningkatkan tax ratio.

"Kita berharap dengan semakin banyaknya kerja sama international, semakin banyak informasi yang kita peroleh sehingga kita bisa mengurangi tax avoidance atau penghindaran pajak. Dari tax amnesty kita bisa memperoleh informasi. Kita lakukan terus dan reformasi di dalam," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini