Image

Sri Mulyani: Asumsi Harga Minyak Mentah Dunia 2018 USD45-60 per Barel

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 15:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695148 sri-mulyani-asumsi-harga-minyak-mentah-dunia-2018-usd45-60-per-barel-uJapAQH1sR.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Asumsi harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Oil Price (ICP) pada tahun 2018, diperkirakan berada pada kisaran USD 45-60 per barel. Pergerakan ICP ini seiring dengan pergerakan harga minyak mentah dunia yang dinamikanya makin sulit untuk diprediksi.

"Faktor pemulihan ekonomi dunia, keamanan, politik, bencana alam, dan inovasi teknologi akan menentukan dinamika harga minyak," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Pada tahun 2018, lanjutnya, harga minyak mentah dunia diperkirakan akan mengalami peningkatan karena naiknya permintaan sebagai akibat mulai pulihnya perekonomian global. Sementara itu, dari sisi produksi, beberapa lembaga internasional memperkirakan produksi minyak mentah dunia relatif stabil.

Seiring dengan peningkatan harga minyak dunia ini, pada tahun 2018, pada sisi pendapatan negara, Pemerintah akan tetap secara konsisten berupaya untuk mendorong optimalisasi penerimaan perpajakan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui berbagai terobosan kebijakan.

"Secara umum kebijakan penerimaan perpajakan diarahkan untuk meningkatkan rasio perpajakan dan kepatuhan namun dengan tetap menjaga iklim investasi," jelasnya.

Pemerintah juga akan terus memperkuat postur anggaran dengan meminimalkan defisit primer. Pemanfaatan utang diarahkan untuk kegiatan yang benar-benar produktif sehingga menghindarkan warisan masalah bagi generasi yang akan datang.

"Pemerintah akan terus mengembangkan pembiayaan yang kreatif dengan memberdayakan peran swasta dan BUMN untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini