Image

Rupiah dan Utang Stabil, Alasan S&P Beri Investment Grade

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 16:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695227 rupiah-dan-utang-stabil-alasan-s-p-beri-investment-grade-AhiPcbnmaP.jpg Ilustrasi Investment Grade. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga pemeringkat internasional Standart and Poor's (S&P) telah meng-upgrade rating utang Indonesia ke posisi layak investasi alias investment grade. Ada beberapa hal yang membuat S&P menyematkan peringkat ini kepada Indonesia.

Dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Okezone, Jumat (19/5/2017), S&P mengatakan stabilnya rasio utang pemerintah selama beberapa tahun ini, mencerminkan proyeksi fiskal yang relatif stabil. Dalam beberapa tahun terakhir, utang pemerintah secara umum telah meningkat secara signifikan lebih dari besarnya defisit anggaran.

"Dalam lima tahun hingga 2016 misalnya, kenaikan utang rata-rata adalah 3,2% dari PDB per tahun. Hal ini disebabkan oleh dampak depresiasi Rupiah Indonesia selama periode ini, sehingga meningkatkan utang luar negeri pemerintah," jelas S&P dalam keterangan tersebut.

Saat ini, lebih dari 40% utang pemerintah diterbitkan dengan denominasi dalam mata uang asing pada akhir 2016. "Kami mengharapkan perubahan utang pemerintah agar lebih sesuai dengan defisit fiskal selama beberapa tahun ke depan, mengingat prospek yang relatif stabil untuk nilai tukar Rupiah," tulis S&P.

Lembaga tersebut pun memproyeksikan utang Indonesia secara umum akan tetap berada di bawah 30% dari PDB. Selain itu, beban utang luar negeri Indonesia telah meningkat selama lima tahun terakhir. Jumlah utang naik lebih dari sepertiga dari PDB pada akhir 2016, total utang eksternal, setelah dikurangi Aset likuid yang dimiliki oleh sektor publik dan keuangan, meningkat namun tetap di bawah CAR tahunan pada 2016.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini