Image

S&P Sebut BI Jadi Lembaga Penting yang Bawa RI Investment Grade

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 16:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695272 s-p-sebut-bi-jadi-lembaga-penting-yang-bawa-ri-investment-grade-ZO7S8JWpy2.jpg Ilustrasi Bank Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah menunggu cukup lama, akhirnya lembaga pemeringkat Standart and Poor's menyematkan rating negara layak investasi kepada Indonesia. S&P merupakan lembaga terakhir dari tiga lembaga pemeringkat internasional, yang menyematkan peringkat layak investasi kepada Indonesia.

Dalam keterangan yang dikutip Okezone, S&P melihat fleksibilitas Rupiah yang lebih besar sejak 2013 telah menguntungkan metrik eksternal selama tiga sampai lima tahun ke depan. Defisit neraca berjalan pun telah menyempit, semenjak adanya depresiasi Rupiah yang terjadi pada 2013. Pada saat bersamaan, fleksibilitas Rupiah memungkinkan bank sentral menaikkan cadangan devisa.

"Bank Indonesia (BI) telah menjadi institusi penting bagi Indonesia untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan menahan shock pada ekonomi dan keuangan," tulis S&P dalam keterangan tertulisnya.

Menurut S&P, dalam beberapa dekade terakhir ini, inflasi di Indonesia berada dalam jalurnya, karena Bank sentral mengendalikan operasional yang signifikan dengan kebijakan moneternya sejak Juli 2005, ketika secara resmi mengadopsi kerangka pengendalian inflasi.

"Hal ini harus dilakukan untuk mengurangi risiko penurunan yang memburuk dalam biaya pembiayaan eksternal. Kami percaya bahwa Indonesia terus menghadapi volatilitas di pasar keuangan internasional," tambah S&P.

Menurutnya, perekonomian Indonesia akan bergantung pada instrumen berbasis pasar, dalam menerapkan kebijakan moneter dalam sistem keuangan yang telah berkembang dengan baik dalam beberapa tahun terakhir. "Fleksibilitas moneter telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dengan meningkatnya fleksibilitas Rupiah menjadi mata uang mengambang," tulis S&P.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini