Image

Pembukaan Data Nasabah, Menko Darmin Jamin Tak Ada Penyimpangan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 17:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695370 pembukaan-data-nasabah-menko-darmin-jamin-tak-ada-penyimpangan-VsBncNrGS2.jpg Foto: Giri/Okezone

JAKARTA - Kementerian Keungan telah mengesahkan aturan keterbukaan pajak atau Automatic Exchange of Information (AEoI). Dalam aturan tersebut juga, turut disahkan mengenai batasan saldo yang bisa diintip oleh otoritas pajak.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memberi jaminan, jika nantinya sistem keterbukaan dan akses informasi data keuangan nasabah perbankan, tak akan disalahgunakan. Nantinya,  pemerintah akan mengatur dengan jelas terkait tata cara pertukaran, pemanfaatan, hingga penjaminan data keuangan nasabah agar terhindar dari risiko penyalahgunaan yang akan tertuang dalam aturan turunan dari Undang-undang Ketentuan Umum Tata Cara Perpajakan (UU KUP). 

"Kerahasiaan diturunkan dari Pasal KUP paling tidak aturan mainnya harus dibuat jelas kan yang otomatis mengangkat aksesnya itu Ditjen Pajak," ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Darmin, masyarakat, khususnya nasabah perbankan, tak perlu khawatir saat data keuangannya dilihat oleh DJP untuk pemeriksaan. Di sisi lain, DJP tak akan menyalahgunakan data yang selanjutnya membuat wajib pajak dirugikan dengan tagihan pajak yang mengada-ada. 

Selain itu lanjut Darmin, pemerintah juga akan memberikan jaminan perlindungan hukum bagi DJP dalam menjalankan tugas pemeriksaan pajak dari data keuangan nasabah. 

"Yang menyangkut supaya DJP jangan dituntut kalau dia melakukan tugas ini, Karena bagaimanapun DJP yang mengakses," jelas  Darmin.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini