Image

Raih Investment Grade, Sri Mulyani: Ini Menggambarkan Kinerja Pemerintah

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695515 raih-investment-grade-sri-mulyani-ini-menggambarkan-kinerja-pemerintah-sgHnMT1HTN.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's (S&P) akhirnya memberikan rating layak investasi alias investment grade kepada Indonesia. Rating ini diberikan seiring stabilitas keuangan Indonesia yang terus terjaga.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun menyatakan kegembiraannya terkait hasil pemeringkatan ini. Diharapkan, rating ini dapat dipertahankan oleh pemerintah.

"Kami menyambut gembira bahwa pemeringkatan yang dilakukan rating agency S&P telah menyampaikan hasilnya pada hari ini dengan meningkatkan peringkat Indonesia menjadi BBB- dengan outlook stable. Ini artinya Indonesia masuk investment grade yang sama dengan rating lain seperti Fitch dan Moodies. Kita memerhatikan rating agency S&P dalam upgrade peringkat kita," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Sri Mulyani juga gembira karena S&P menilai outlook atau desain APBN dianggap jauh lebih realistis. Menurut Sri Mulyani, hal ini sesuai dengan berbagai macam komunikasi yang disampaikan selama ini.

"Yaitu fokusnya bagaimana APBN menjadi instrumen yang kredibel, efektif, dan realistis," jelasnya.

Hasil pemeringkatan ini pun turut menggambarkan kinerja pemerintah. Hal ini pun turut menjadi dorongan bagi pemerintah untuk dapat bekerja lebih baik.

"Jadi seluruhnya sebetulnya menggambarkan dan konsisten yang dilakukan Kemenkeu, bahwa APBN instrumen yang penting namun dia tetap dijaga kredibilitasnya," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini