Image

Diganjar Investment Grade, S&P Lihat Usaha Indonesia Perbaiki Ekonomi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 19:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695542 diganjar-investment-grade-s-p-lihat-usaha-indonesia-perbaiki-ekonomi-IK7r5t8z3s.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani merespons positif peringkat investment grade yang diberikan oleh S&P. Hal ini diyakini akan meningkatkan kepercayaan terhadap investor.

Menurut Sri Mulyani, S&P juga memberikan outlook yang sesuai dengan target dari Pemerintah Indonesia. Hal ini pun turut menjadi salah satu cambukan bagi pemerintah untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

"Pengurangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan, kesempatan kerja tanpa harus APBN kita mengalami situasi yang tidak sustainable. S&P melihat outlook 2017 yang sebagian besar sesuai dengan yang kita lihat," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Sri Mulyani menambahkan, S&P memperkirakan GDP outlook sebesar 5,3%, unemployment rate 5,3%, inflasi 4,7%, fiskal balance 2,4%, penerimaan negara 14% dari keseluruhan termasuk penerimaan pajak dan PNBP, serta rasio utang terhadap GDP 28,2%.

"Apa yang disampaikan S&P sesuai dengan yang kita monitor dan akan kita jaga tetap dalam kondisi positif, dan kita ingin outlook yang disampaikan S&P bisa diubah jadi stable menjadi positif," tuturnya.

Diharapkan, peringkat ini dapat terus dipertahankan. Bahkan, Sri Mulyani berharap outlook dari S&P juga dapat ditingkatkan dari stabil menjadi positif.

Berikut adalah posisi peringkat utang terakhir Indonesia:

1. Fitch

Peringkat Utang: BBB-

Outlook: Positif

2. Moody's

Peringkat Utang: Baa3

Outlook: Positif

3. S&P

Peringkat Utang: BBB-

Outlook: Stabil

4. Japan Credit Rating Agency

Peringkat Utang: BBB-

Outlook: Positif

5. Rating&Invesment

Peringkat Utang: BBB-

Outlook: Positif

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini