Image

S&P Naikkan Rating Indonesia, BI: Ini Bukti Ekonomi Kita Baik

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 20:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695581 s-p-naikkan-rating-indonesia-bi-ini-bukti-ekonomi-kita-baik-EJJPfK5Np2.jpg Foto Mirza Adityaswara (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengatakan saat ini Indonesia mampu menjaga stabilitas ekonomi dengan cukup baik. Terlihat dengan pertumbuhan ekonomi nasional pada 2016 mencapai 5,02%.

Selain itu, neraca pembayaran pada triwulan I-2017 juga surplus dengan ditopang tingginya surplus transaksi modal dan finansial yang mencapai USD4,5 miliar. Juga tak kalah penting defisit transaksi berjalan sebesar USD2,4 miliar dan cadangan devisi sebesar USD123,2 miliar.

Kondisi inilah yang membuatnya yakin lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor's (S&P) menaikkan rating Indonesia menjadi investment grade atau kelayakan investasi.

"Kita buktikan ekonomi kita baik neraca pembayaran positif CAD dari PDB ekspansi terjaga dengan baik. Perbankannya sudah baik dan pemerintah lakukan deregulasi terlepas dari kredit rating hasilnya, yang jelas dari ekonomi bisa prudent," ungkapnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Menurutnya, bank sentral sedang menunggu informasi resmi dari The Fed terkait keputusan Amerika Serikat (AS) yang dikabarkan akan mengurangi neraca pembayaran dalam waktu dekat yang dinilai bisa memengaruhi perekonomian global.

"Mereka menjanjikan akan berkomunikasi, jadi mereka tidak akan membuat negatif surprise, kita tunggu apa komunikasi dilakukan pada Juni, apakah ketika rapat The Fed, mudah-mudahan komunikasinya lancar," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini