Image

Raih Investment Grade dari S&P, Ini Sederet Keuntungan Indonesia

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 06:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695590 raih-investment-grade-dari-s-p-ini-sederet-keuntungan-indonesia-bOdKq6Fmiu.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Lembaga pemeringkat Internasional Standard and Poor's (S&P) akhirnya menyematkan rating investment grade atau kelayakan investasi kepada Indonesia. Hal ini seiring dengan stabilitas keuangan Indonesia yang terus terjaga sehingga peringkat utang Indonesia dari BB+ menjadi BBB-.

Pengamat Ekonomi Indef Bhima Yudistira mengatakan, hasil pemeringkatan ini akan semakin membuat kepercayaan dunia terhadap Indonesia. Selain itu, dampak paling signifikan yaitu nilai tukar Rupiah yang semakin menguat.

"Dampaknya Rupiah langsung menguat. Tadi sempat Rp13.400 per USD sekarang turun ke Rp13.325 per USD. Selain itu, dana asing makin deras masuk ke Indonesia terutama membeli surat utang," ungkapnya kepada Okezone di Jakarta.

Menurutnya, tak hanya itu, cadangan devisa pun akan semakin meningkat. Dengan dikeluarkannya hasil pemeringkatan dari Standart and Poor's (S&P), Indonesia telah memperoleh status investment grade dari tiga lembaga rating utama. Di mana sebelumnya, Indonesia telah mendapatkan rating investment grade dari Moody's dan Investor Service dan Fitch Ratings.

"Cadangan devisa akan semakin membaik meskipun tekanan eksternal seperti Fed Rate yang naik dan ketidakpastian politik global masih membayangi ekonomi. Cost of fund obligasi menjadi turun karena rating membaik. Kupon yang ditawarkan pun bisa lebih murah," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini