Image

Investment Grade, Sri Mulyani: Kebijakan Diambil Tanpa Tabrak Tata Kelola!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 20:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 19 20 1695596 investment-grade-sri-mulyani-kebijakan-diambil-tanpa-tabrak-tata-kelola-GPBjpp6hh2.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia akhirnya mendapatkan peringkat layak investasi (investment grade) dari lembaga pemeringkat S&P. Peringkat ini menunjukkan adanya peningkatan peringkat utang indonesia oleh S&P.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, hal ini merupakan hasil dari beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Diharapkan, hasil ini memberikan pengaruh positif kepada kalangan investor.

"Ini semua kita lakukan dengan jaga tata kelola dan instrumen yang baik. Pengaruhnya adalah bahwa kepercayaan oleh seluruh pelaku usaha maupun siapa saja investor dalam dan luar, maupun masyarakat tetap kita bisa jaga," kata Sri Mulyani, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Menurut Sri Mulyani, walaupun pemerintah melakukan langkah dan policy yang sifatnya sangat strategis dan dengan kecepatan yang tinggi dapat memecahkan persoalan, namun hal ini dilakukan tanpa harus menabrak tata kelola. Cara ini pun akan terus dipertahankan oleh pemerintah.

"Sehingga tujuan tercapai, namun tata kelola bisa kita jaga. Confidence itu nilainya luar biasa besar. Begitu tidak ada confidence ekonomi akan mengalami kesulitan cukup besar," jelasnya.

Hal ini pun akan terus dipertahankan oleh pemerintah. Sri Mulyani juga berharap outlook ini nantinya dapat meningkat hingga menjadi positif.

"Oleh karena itu tanpa membesarkan hasil yang ada, hari ini memang pemerintah akan tetap fokus. Ini hanya sebagai pengakuan bahwa pemerintah tetap menjaga tata kelola keuangan negara, walaupun kita memiliki target dan tujuan ambisius," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini