Image

S&P Naikkan Rating, Direktur BEI: Ini Sangat Menggairahkan!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 18:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 278 1695453 s-p-naikkan-rating-direktur-bei-ini-sangat-menggairahkan-XdHnnop9ea.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah menunda cukup lama, lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's akhirnya menyematkan rating layak investasi alias investment grade kepada Indonesia.

Hal ini seiring dengan kondisi fundamental serta stabilitas perekonomian Indonesia yang terus berikan tren positif.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengharapkan bahwa dengan adanya rating layak Investasi dari S&P dapat mendorong perekonomian Indonesia.

Tingkat layak investasi meningkatkan tingkat kepercayaan investor kepada iklim investasi Indonesia, sehingga menambah geliat perekonomian dalam negeri.

"Peningkatan ini akan sangat menggairahkan dan diharapkan akan mengakselarasi pertumbuhan ekonomi Indonesia," terangnya saat dihubungi Okezone.

Dengan kepercayaan investor yang tinggi juga diharapkan akan menambah likuiditas di pasar modal.

"Tentunya diharapkan akan berdampak terhadap cost of fund," tambahnya.

Dalam keterangan tertulis yang dikutip Okezone, Jumat (19/5/2017), S&P memandang pemerintah Indonesia telah mengambil langkah efektif untuk menstabilkan kondisi keuangan publik.

Dengan demikian, S&P pun memperkirakan utang pemerintah secara umum akan stabil, mendekati tingkat terendah, sementara defisit anggaran berangsur-angsur mengalami penurunan.

"Oleh karena itu, kami meningkatkan peringkat kredit sovereign jangka panjang kami menjadi 'BBB-', dari 'BB +'" tulis S&P.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini