Image

Investment Grade Buat IHSG Meroket ke 5.820

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 05:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 19 278 1695642 investment-grade-buat-ihsg-meroket-ke-5-820-WyJeKmEgqv.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mencatat rekor sepanjang sejarah pada perdagangan hari ini. Tercatat, IHSG menyentuh level 5.820 meskipun akhirnya ditutup ke level 5,791.88 menguat 146.43 poin atau 2,59%.

Meroketnya IHSG tak terlepas dari keputusan lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's yang memberikan rating layak investasi alias investment grade kepada Indonesia. Hal ini seiring dengan stabilitas keuangan Indonesia yang terus terjaga

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, rating dari S&P telah lama ditunggu oleh investor. Sehingga dengan penyematan rating ini, maka investor langsung merespons secara positif.

Tidak hanya itu, kepercayaan investor terhadap iklim investasi Indonesia semakin meningkat, lantaran S&P sebagai lembaga pemeringkat satu-satunya yang belum menyematkan peringkat layak investasi, akhirnya memberikan peringkat tersebut kepada Indonesia. Dengan adanya penyematan rating dari S&P, sekaligus menghapus keraguan investor asing terhadap investasi Indonesia, akibat tertahannya rating layak investasi dari S&P. Dengan kata lain, seluruh lembaga pemeringkat, baik Fitch Ratings, Moody's Investors Service (Moody's) dan kini Standard & Poor's (S&P) telah mengakui kelayakan investasi di Indonesia.

Baca Selengkapnya: Investment Grade Buat IHSG Cetak Rekor, BEI: Investor Tambah Yakin ke RI

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini