Image

Cara Cerdas Menambah Tabungan Dengan Cepat

Agregasi Sabtu 20 Mei 2017, 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 320 1695076 cara-cerdas-menambah-tabungan-dengan-cepat-y094OvAL7b.jpg Ilustrasi (foto: Okezone)

MEMBIASAKAN diri untuk menabung merupakan salah satu cara yang dapat menyelamatkan kondisi finansial anda agar tetap stabil. Uang yang nda tabung bisa digunakan untuk keperluan apapun seperti kondisi darurat, pendidikan, hingga tabungan masa pensiun. Sehingga dapat dikatakan bahwa tabungan menjadi salah satu aset berharga. Semakin dini mulai menabung, maka akan semakin banyak pula jumlah tabungan yang dimiliki. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menambah tabungan dengan cara yang cepat.

1. Jadikan tabungan sebagai prioritas utama

Tips pertama yang bisa dicoba adalah dengan menjadikan tabungan sebagai prioritas utama. Sehingga tabungan bukanlah uang sisa di akhir bulan, melainkan uang yang benar-benar disisihkan untuk ditabung. Masukkan beberapa bagian dari pemasukan anda ke dalam tabungan langsung ketika menerima gaji. Anda bisa menerapkan fasilitas auto-debet, yaitu sistem transfer otomatis dari rekening yang digunakan ke rekening tabungan. Cara ini sangat cocok bagi orang yang kesulitan untuk menabung. Selain itu, cara ini juga membuat dana aman dari risiko-risiko penggunaan yang tidak diperlukan.

2. Memangkas Pengeluaran

Cobalah untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting untuk dikeluarkan. Yang termasuk pengeluaran tidak penting adalah ketika mengeluarkan uang demi sesuatu yang tidak wajib untuk kebutuhan sehari hari. Misalnya saja anda sering menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak sehat seperti rokok, junk food, dan lainnya. Akan lebih baik jika anda mengurangi dan bahkan benar-benar tidak menggunakannya lagi.

Bila kesusahan untuk memangkas pengeluaran, anda bisa membuat prioritas-prioritas dari kebutuhan. Potong pengeluaran yang hanya memiliki dampak kecil terhadap kebutuhan. Misalnya dengan mengurangi penggunaan transportasi pribadi, makan di rumah, batasi penggunaan internet dan telepon, dan lainnya. Cara-cara ini meskipun terlihat sepele namun memberikan potongan yang cukup besar untuk pengeluaran anda.

3. Mencari penghasilan tambahan

Bila kesulitan untuk mengurangi pengeluaran, maka cara lainnya yang dapat membuat tabungan menjadi bertambah dengan mencari penghasilan tambahan. Anda bisa meminta kenaikan gaji kepada perusahaan, namun tentunya sesuaikan dengan kinerja dan prestasi yang dimiliki. Namun bila kenaikan gaji dirasa masih susah, anda bisa mencoba untuk membuka usaha atau bisnis sampingan, baik dalam skala kecil ataupun menengah. Anda bisa membuka bisnis sesuai dengan hobi atau skill yang dimiliki. Sehingga bisnis yang dijalankan akan terasa menyenangkan. Namun pastikan bila bisnis tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama.

4. Jangan membawa uang tunai dalam jumlah besar

Tips lainnya adalah jangan mengantongi uang tunai dalam jumlah yang cukup besar di dompet. Akan lebih baik bila anda menyimpan uang di dalam bank. Selain dapat mengundang kejahatan-kejahatan yang dapat terjadi, membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup banyak dapat membuat anda ingin menghabiskan uang tersebut bahkan untuk keperluan-keperluan yang tidak penting. Simpanlah uang tunai di dompet dalam jumlah yang secukupnya saja, dan simpan sisanya di rekening anda.

5. Mengurangi Penggunaan kartu kredit

Sebenarnya penggunaan kartu kredit dapat memberikan dampak-dampak yang positif bila bisa menggunakannya dengan benar. Anda bisa mendapatkan potongan atau diskon dengan menggunakan kartu kreit. Namun jika sulit menekan keinginan-keinginan itu, maka tak ada cara lain selain mengurangi penggunaan kartu kredit.

Bayarlah pembelian-pembelian anda dengan menggunakan uang tunai. Meskipun penggunaan kartu kredit cukup memudahkan namun bila tidak dapat mengontrolnya maka anda bisa menggunakan kartu kredit hingga mencapai batas limit kartu tersebut. Dengan menggunakan uang tunai, anda bisa memonitor sendiri persediaan yang dimiliki.

Terapkan Prinsip Hidup Hemat

Untuk membuat tabungan dapat bertambah dengan cepat, tentunya anda harus menerapkan prinsip hemat di dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip ini sangat menjamin jumlah tabungan dapat meningkat lebih cepat. Hindari hal-hal yang tidak penting yang dapat membuat anda mengeluarkan uang yang tidak perlu.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini