Image

Cara Investasi yang Aman untuk Pemula

Agregasi Sabtu 20 Mei 2017, 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 320 1695097 cara-investasi-yang-aman-untuk-pemula-b175xQzqjz.jpg Ilustrasi (shutterstock)

SAAT ini investasi menjadi produk keuangan yang banyak dipilih masyarakat karena dirasa dapat mengembangkan uang yang dimiliki. Saat ini banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari saham, logam mulia, obligasi, dan lainnya. Dari yang bisa menghasilkan dalam waktu singkat hingga dalam jangka waktu yang panjang.

Saat ini investasi banyak dipilih dikarenakan adanya inflasi, dalam setahunnya dapat mencapai kisaran 6 %. Hal ini jelas menguntungkan karena pada tabungan saja, hanya didapat 3-4 % bunga dalam setahunnya. Namun meskipun ke depannya keuntungan yang didapat cukup menguntungkan, namun menjalankan investasi juga dapat merugikan. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang cukup agar investasi yang dijalankan menghasilkan keuntungan sesuai yang diharapkan. Lalu bagaimana cara melakukan investasi yang aman bagi pemula? Berikut ini tips-tips yang bisa digunakan.

1. Pahami Tujuan Investasi Anda

Cara aman untuk melakukan investasi bagi pemula adalah dengan menetapkan terlebih dahulu tujuan dari investasi yang dilakukan. Investasi hanya merupakan alat (tools) untuk mencapai sebuah tujuan, sehingga investasi bukanlah merupakan sebuah tujuan. Untuk itu anda harus menentukan tujuan apa yang ingin dicapai, kapan serta untuk apa investasi tersebut digunakan.

Misalnya saja jika tujuan dari investasi nantinya digunakan untuk dana pendidikan, maka anda harus menentukan terlebih dahulu untuk kapan akan digunakan, untuk SD, SMP, SMA, ataupun kuliah. Setelah menentukan tujuan investasi, anda bisa mengevaluasi investasi mana yang cocok untuk dijalankan.

Pada umumnya, ukuran dari sebuah investasi adalah jika memiliki keuntungan yang tinggi dan risiko yang besar akan sangat cocok untuk digunakan pada target yang lama pencapaiannya, begitu pula sebaliknya.

2. Risiko dan Keuntungan

Setiap investasi yang dijalankan tentunya memiliki risiko dan keuntungan yang tentu dihadapi. Prinsipnya, jika sebuah investasi menghasilkan keuntungan yang tinggi, maka risiko yang harus dihadapi juga akan tinggi. Namun jika investasi tersebut memiliki keuntungan yang rendah, tentu saja risiko yang akan anda hadapi juga cukup rendah.

Sehingga jika ditawari untuk melakukan investasi yang menghasilkan keuntungan yang tinggi namun risiko cukup rendah, maka sebagai pemula anda perlu mewaspadainya. Meskipun masih pemula, sebaiknya anda perlu berhati-hati ketika memilih investasi yang akan dijalankan.

Dengan prinsip yang sudah dijelaskan sebelumnya maka anda sudah memahami betul bagaimana kerja dari investasi, sehingga jika melakukan investasi yang memiliki keuntungan yang cukup besar maka anda harus siap menghadapi risiko yang besar pula. Jika belum siap untuk menghadapi risiko yang besar, maka sebaiknya pilihlah investasi yang memiliki risiko rendah namun keuntungan yang didapat tetap stabil.

3. Paham Dengan Investasi Yang Dijalankan

Sebelum memulai investasi, akan lebih baik jika anda mempelajari terlebih dahulu investasi yang dijalankan. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipelajari dalam sebuah investasi.

• Legalitas, sebelum melakukan investasi tentunya anda memerlukan legalitas dari lembaga yang berwenang seperti Bank Indonesia ataupun OJK. Dengan adanya legalitas, akan membuat anda merasa nyaman dalam melakukan investasi. Selain itu dengan memiliki izin resmi akan mengurangi risiko kedepannya.

• Anda juga harus memahami risiko yang didapat pada investasi yang dijalankan. Untuk itu cari informasi sebanyak mungkin untuk mengetahui di mana letak kerugian sehingga anda dapat mengatasi di kemudian harinya dan dapat mengurangi risiko kerugian yang lebih besar.

• Jangan lupa untuk memahami bagaimana model dari investasi yang dijalankan. Setiap investasi tentunya memiliki model bisnis yang berbeda dalam menghasilkan keuntungan. Sehingga anda perlu mempelajari agar investasi yang dijalankan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Pelajari Terlebih Dahulu Investasi yang Dijalankan

Sebagai pemula, akan lebih baik jika anda mempelajari terlebih dahulu investasi yang akan dijalankan. Dengan mempelajari secara detail dapat mengurangi resiko kerugian serta dapat membuat keuntungan yang dihasilkan menjadi lebih maksimal. Namun jika merasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang anda miliki, anda bisa menggunakan jasa ahli yang sudah professional untuk menjalankan investasi tersebut.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini