Image

Keren! Sang Penemu Listrik dari Kedondong Ingin seperti Thomas Alva Edison

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 19:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 19 320 1695527 keren-sang-penemu-listrik-dari-kedondong-ingin-seperti-thomas-alva-edison-DHIruVdKsm.jpg Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Sang penemu listrik dari pohon kedondong, Naufal Raziq, mulai dikenal publik. Bahkan, seorang Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pun mengundang langsung untuk bertemu di kantornya.

Di balik cerita suksesnya menemukan listrik dari pohon kedondong, anak yang baru duduk di kelas 3 MTS 1 Negeri Langsa, Aceh ternyata memiliki cita-cita ingin seperti sang penemu lampu pijar, Thomas Alva Edison.

"Saya mengagumi Thomas Alfa Edison karena penemuannya sekarang bisa dinikmati banyak orang. Seandainya tidak bisa menemukan lampu bagaimana dunia ini, bisa gelap," ujar Naufal, di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

"Saya berharap temuan ini juga bisa digunakan khusus untuk di Indonesia dan daerah terpencil," sambungnya.

Sejak kecil, kata Naufal, cita-citanya memang ingin menjadi seorang ilmuwan di bidang elektronik. Pasalnya, ia sering belajar dari pekerjaan orangtua sebagai tukang terima servis barang elektronik.

"Bapak bekerja sebagai elektronik terima servis kulkas, sound system. Jadi Naufal tertarik elektronik karena itu asyik dan menantang di mana setiap itu kita harus teliti, seperti buat speaker dan lain-lain. Sejak TK cerita ayah suka buka mainan mobil-mobilan, ambil dinamonya," tuturnya.

Cerita menemukan listrik kedondong pun berlanjut, saat sekolah memberikan pengajaran tentang kelistrikan. Di mana seorang guru memberikan tugas untuk membuat elektronik listrik.

"Nah dari situ kepikiran buah kedondong ini, di buah itu asam, tentu di pohon ada asam, itu pikiran Naufal ke pohon. Awalnya bukan kedondong, mangga, belimbing.  Jadi masing-masing ada keunggulannya. Ini kan mudah tumbuh, abis itu dikupas kulitnya dia menutup lagi. Semakin besar pohon, maka daya listrik semakin besar," ujarnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini