Image

TRIK HEMAT: Yuk, Jadikan Bulan Puasa Latihan Berhemat, Caranya?

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 06:41 WIB
https img o okeinfo net content 2017 05 19 320 1695595 trik hemat yuk jadikan bulan puasa latihan berhemat caranya MXYLcvKDVA jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Bulan Ramadan akan segara tiba. Selama itu pula seluruh umat Islam di dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Seharusnya, jika dilihat secara logis, saat bulan puasa kita akan hemat, tapi ternyata hal itu tidaklah benar. Saat bulan puasa masyarakat justru cenderung boros.

Sebab, di bulan puasa orang akan semakin banyak kegiatan makan bersama atau istilahnya buka bersama yang tak jarang dilakukan di restoran yang mahal. Buka puasa bersama pun tak hanya dilakukan sekali, bahkan buka puasa bersama dengan teman, sahabat, maupun keluarga bisa dilakukan tiga kali seminggu. Inilah membuat pengeluaran menjadi membengkak 2 hingga 3 kali lipat.

Untuk itu, Perencana Keuangan Andi Nugroho pun memberikan cara yang tepat untuk berhemat di bulan puasa ini.

"Kita harus menahan hasrat konsumtif kita, selain itu juga harus memilah mana undangan buka puasa yang harus di datangi atau yang menjadi prioritas. Jika tidak bisa dihindari, maka dari sebelum puasa harus menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk kepentingan buka bersama," ungkapnya kepada Okezone.

Sementara itu, Perencana Keuangan Andoko mengatakan, saat bulan puasa masyarakat terlihat cenderung boros karena harga bahan pokok, makanan, minuman, dan juga barang ataupun pakaian akan mengalami kenaikan secara umum. Sehingga masyarakat saat puasa tidak hanya menahan lapar tapi juga menahan nafsu untuk sesuatu yang tidak darurat seperti pakaian.

"Jadikan puasa justru untuk mengendalikan nafsu dan pengeluaran. Prioritaskan tetap kebutuhan dibandingkan keinginan. Boleh melakukan silaturahmi (buka puasa bersama) hanya saja tidak semua harus dilakukan semuanya dan tidak boleh berlebihan dalam berbuka puasa suoaya untuk kesehatan dan kantong kita juga aman," katanya kepada Okezone.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini