Image

BUSINESS HITS: Wah, Integrasi E-Government Bikin Pemda Hemat Rp7 Triliun

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 21:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 320 1695621 business-hits-wah-integrasi-e-government-bikin-pemda-hemat-rp7-triliun-3Co64Ue7Gn.jpg Ilustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana mengintegrasikan sistem electronic government (e-government) milik pemerintah daerah. Saat ini banyak pemerintah daerah telah menerapkan e-government namun belum terhubung satu dengan yang lain. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan saat ini 65% pemerintah daerah telah menerapkan e-government. Jika sistem tersebut bisa diintegrasikan, akan ada efisiensi baik dari sisi publik sebagai user maupun dari sisi anggaran pemerintah daerah sebagai operator. Salah satu anggaran pemerintah yang akan mengalami efisiensi besar- besaran adalah pos belanja IT.

“Kami sudah menghitung anggaran untuk belanja IT di seluruh daerah berkisar Rp14 triliun. Jika sistem e-government bisa diintegrasikan maka akan ada penghematan hingga 50%,” ungkapnya di Kantor Kemenpan-RB kemarin. Politikus PAN ini mengatakan saat ini pemerintah tengah mengembangkan sistem e-goverment yang terintegrasi antara pusat dan daerah.

Baca Selengkapnya: Integrasi E-Government, Pemda Hemat Anggaran Rp7 Triliun

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini