Image

Jenis Investasi yang Wajib Anda Ketahui

Agregasi Sabtu 20 Mei 2017, 23:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 320 1695635 jenis-investasi-yang-wajib-anda-ketahui-dbsmWvyJ2d.jpg Ilustrasi (foto: Okezone)

SAAT ini banyak orang yang makin tertarik menjalankan investasi. Hal ini dikarenakan investasi mampu memberikan keuntungan yang cukup besar dan sangat mudah untuk dilakukan. Untuk menjalankan investasi, setidaknya anda harus mengetahui dengan detail investasi apa yang dijalankan, entah dalam skala yang kecil maupun besar. Setiap investasi yang dijalankan tentunya memiliki keuntungan apabila mengetahui cara bermainnya dengan baik.

Saat ini banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan, mulai dari yang jangka pendek maupun jangka panjang. Semuanya memiliki risiko dan keuntungannya masing-masing. Nah berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai jenis-jenis investasi yang dapat dipilih.

1. Jenis Kas Atau Tunai

Jenis investasi pertama adalah dalam bentuk kas ataupun uang tunai. Yang dimaksud dengan kas atau uang tunai di sini adalah bukan investasi yang membuat anda langsung kaya atau menggunakan uang sesuka anda. Jenis investasi uang kas atau tunai disini dapat berbentuk aset yang berbentuk seperti kas seperti deposito, kas, reksa dana, dan lainnya. Jenis investasi ini tidak membuat uang anda langsung berkembang dengan pesat, karena keuntungan yang bisa didapatkan kurang lebih 6 % saja, namun risiko yang dihadapi tidak terlalu besar.

2. Jenis Pendapatan Tetap

Jika memiliki pemasukan yang tetap, anda bisa menjadi investor dalam jangka waktu yang pendek misal bulanan atau tahunan. Jenis investasi yang bisa dicoba adalah dalam bentuk obligasi. Obligasi merupakan tanda bukti hutang dalam bentuk surat yang menjadi tanda bila anda berutang pada pihak tertentu. Bila ingin melakukan investasi jenis obligasi yang paling aman, anda bisa menggunakan obligasi langsung dari Negara.

Selain obligasi bentuk lainnya dari jenis pendapatan tetap adalah investasi reksadana pendapatan tetap. Untuk nilai keuntungan dari investasi tersebut dapat mencapai 10%. Hal yang menjadi keuntungan lainnya adalah ketika harga di pasar menurun, namun anda tidak akan mengalami kerugian yang terlalu besar.

3. Jenis Saham

Saham merupakan bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan. Bila memberikan investasi dalam sebuah perusahaan dalam skala yang besar, maka anda memiliki hak untuk mengelola perusahaan tersebut. Ada dua jenis saham yaitu saham terbuka dan saham tertutup.

Untuk saham tertutup, merupakan bentuk saham yang diberikan pada bisnis atau usaha yang masih dalam skala kecil atau bisnis rumahan. Sedangkan untuk saham terbuka merupakan jenis saham yang diberikan pada perusahaan skala besar. Untuk masalah risiko, risiko yang bisa anda hadapi ketika memilih jenis investasi saham cukup besar namun keuntungan yang di dapatkan juga sangat besar. Selain itu, keuntungan lain dari investasi saham adalah modal yang diperlukan tidak terlalu banyak namun anda bisa memperoleh keuntungan berlipat-lipat. Namun yang perlu diperhatikan adalah pada saat harga saham menurun, bisa saja membuat nilai saham dapat menurun drastis.

4. Jenis Aset Fisik

Jenis investasi lainnya yang bisa anda coba adalah jenis investasi berupa aset fisik. Hal ini dapat berbentuk batu permata, emas, serta properti. Untuk masalah keuntungan, hal ini berkaitan dengan barang apa yang anda investasikan serta bagaimana bentuk dari investasi tersebut. Keunggulan dari jenis investasi ini adalah pihak investor dapat memiliki serta memegang sendiri aset investasinya. Selain itu, keunggulan juga bergantung dari bentuk barang yang diinvestasikan, seperti

• Untuk emas, meskipun tahan lama dan memiliki nilai yang stabil, namun nilai emas tidak membuat keuntungan yang banyak apalagi jika harga emas sedang menurun.

• Untuk properti, memang memiliki risiko yang kecil namun tentunya membutuhkan modal yang besar untuk mendapatkannya. Selain itu, aset properti tidak mudah untuk diperjualbelikan.

Pelajari Setiap Kelemahan dan Kelebihan Dari Jenis Investasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pilihlah jenis investasi yang cocok untuk dijalankan, sesuaikan jenis investasi tersebut dengan kondisi anda. Pelajari setiap kelemahan dan kelebihan yang ada di dalam setiap jenis investasi. Sehingga investasi yang dijalankan dapat memberikan anda keuntungan maksimal.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini