Image

Kiat Melunasi Hutang Dengan Cepat dan Nyaman

Agregasi Minggu 21 Mei 2017, 04:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 19 320 1695640 kiat-melunasi-hutang-dengan-cepat-dan-nyaman-x7JB7SuZWq.jpg Ilustrasi (shutterstock)

MEMILIKI banyak tagihan utang tentunya membuat anda tidak nyaman. Banyak hal yang dapat membuat seseorang berutang, bisa jadi karena kebutuhan yang mendesak, tuntutan biaya hidup, dan lainnya. Namun yang paling bahaya adalah jika utang-utang tersebut tidak segera terbayarkan dan malah menumpuk hingga membuat kita kesusahan untuk membayar utang itu. Lalu bagaimana cara agar utang-utang yang dimiliki dapat cepat terbayarkan dan tidak membebani? Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Serius memikirkan hutang-hutang yang dimiliki

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyikapi dengan serius utang-utang yang dimiliki. Dengan menyikapi hal tersebut secara serius, maka anda tentunya akan termotivasi untuk mengupayakan agar utang-utang tersebut bisa segera dilunasi. Bila terus menanamkan sikap malas dan tidak semangat, maka bisa jadi utang yang dimiliki tidak akan lunas dan malah semakin menumpuk. Untuk itu bersikaplah serius terlebih dahulu dengan utang-utang anda merupakan hal terpenting yang perlu dilakukan.

2. Membuat daftar utang

Jangan lupa untuk membuat daftar-daftar utang yang dimiliki. Hal ini untuk mengetahui berapa banyak utang yang dimiliki dan apa penyebab dari utang tersebut. Sehingga nantinya anda bisa mengetahui pengeluaran mana yang harus diatur sehingga tidak menambah utang yang ada. Selain itu dengan adanya daftar utang ini, anda juga bisa menentukan strategi mana yang harus dilakukan agar utang-utang tersebut dapat terlunasi dengan aman dan cepat.

3. Menyusun rencana pelunasan utang

Untuk melunasi utang-utang yang menumpuk tentunya harus melalui pembuatan perencanaan pelunasan utang. Misalnya saja dengan melunasi utang yang memiliki bunga terbesar ataupun melunasi utang yang memang harus segera dilunasi. Prioritaskan terlebih dahuluutang mana yang akan terlewat dari tenggang waktunya, sehingga nantinya tidak akan menambah bunga beban terus menerus. Sesuaikan pula pembayaran utang dengan uang yang dimiliki. Jangan sampai membayar tagihan utang dengan utang lainnya. Hal ini tentunya membuat utang tidak pernah habis.

4. Hentikan penggunaan kartu kredit

Sebenarnya penggunaan kartu kredit dapat membawa manfaat yang positif bila menggunakannya dengan tepat. Namun bila tidak dapat mengontrol keinginan, tentunya memiliki kartu kredit tentunya akan sangat berisiko. Untuk itu, agar utang-utang bisa dengan cepat terlunasi sebaiknya kurangi atau bahkan hentikan penggunaan kartu kredit tersebut.

5. Terapkan gaya hidup hemat

Bila utang yang dimiliki sudah terlalu menumpuk, maka anda harus mengubah gaya hidup. Hindari hal-hal atau kegiatan yang dapat memboroskan keuangan, terapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan. Misalnya saja selalu makan di rumah dibandingkan makan di luar rumah, menggunakan transportasi umum yang murah dibandingkan dengan transportasi pribadi, dan masih banyak lainnya.

6. Gunakan tabungan yang dimiliki

Bila memiliki tabungan, anda bisa memanfaatkan beberapa bagian dari tabungan untuk melunasi utang-utang. Tabungan memang dapat digunakan untuk kondisi-kondisi darurat yang mendesak. Namun penggunaan tabungan untuk melunasi utang perlu dikondisikan.

Bila memanfaatkan tabungan untuk pelunasan utang maka jangan menggunakan seluruh tabungan itu. Selain itu, pemanfaatan tabungan untuk utang dapat dilakukan bila kondisinya benar-benar mendesak dan harus segera dilunasi.

7. Menambah pemasukan anda

Hal lainnya yang bisa dilakukan agar utang-utang yang anda miliki dapat cepat terlunasi adalah dengan menambah pemasukan setiap bulannya. Anda bisa mencoba dengan berbisnis ataupun berinvestasi. Buatlah bisnis kecil saja yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Atau anda juga bisa mencoba menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai namun layak digunakan. Dari sinilah anda akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk membantu melunasi utang.

Lunasi Utang-Utang dengan Segera

Memiliki utang sama halnya dengan memiliki beban yang bisa membuat kehidupan menjadi tidak tenang. Untuk itu, akan lebih baik bila segera melunasi utang-utang yang anda miliki. Mulailah dari menerapkan gaya hidup hemat hingga menyusun rencana pelunasan utang sehingga anda dapat dengan cepat melunasi utang-utang itu.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini